logo

Bupati Kamuru: Warga Transmigran Sorong Jangan Terprovokasi Gugatan Tanah

Bupati Kamuru: Warga Transmigran Sorong Jangan Terprovokasi Gugatan Tanah

26 Maret 2019 23:59 WIB

Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AIMAS: Bupati  Kabupaten  Sorong, Dr Johny Kamuru SH,M.Si, mengimbau  warga  transmigran  setempat  untuk  tidak terprovokasi  dengan dikabulkannya  gugatan Marga Suu  oleh pengadilan,  atas kepemilikan  lahan  transmigrasi di Sorong.

“Warga  transmigran jangan terprovokasi  karena  pemerintah  daerah  tengah mengambil langkah hukum atas gugatan  lahan transmigrasi tersebut,” kata  Bupati Kamuru kepada Pers di Sorong, Senin (25/3/2019) seperti dikutip dari Lensa Papua dan RRI Sorong.

Dikatakannya, gugatan Marga  yang dikabulkan  pengadilan sama saja melawan negara karena program transmigrasi  bergulir secara nasional. Dan  program tersebut  sudah  bergulir  puluhan tahun lalu.

“Jadi, pemanfaatan tanah  Marga Suu,  untuk  lahan  transmigrasi  merupakan  program  nasional,”kata Kamuru.

Oleh  karena itu, lanjutnya, jika  gugatan  Marga  Suu,  itu dkabulkan  oleh  pengadilan  sama halnya menggugat  negara. Karena,  program transmigrasi ini tersistematis  ketika itu, hampir  ada dari  Sabang hingga Merauke.

“Kita  adalah bagian dari masa lalu, dan  program  transmigrasi  ini lahir di masa Orde Baru. Karena pengadilan  mengabulkan gugatan Keluarga Suu tersebut otomatis  Pemerintah Daerah  Kabupaten Sorong  atas  nama Negara  naik  banding,”kata Bupati Johny Kamuru.

Marga Suu Sorong,  yang  mengaku  pemilik  lahan transmigrasi tersebut  tetap  menuntut  ganti  rugi  tanah yang  digunakan  untuk  areal transmigran  di Sorong. ***