logo

Kampanye Terbuka: Jokowi Menyerang Dari Serang, Prabowo Terbang Ke Manado

Kampanye Terbuka: Jokowi Menyerang Dari Serang, Prabowo Terbang Ke Manado

24 Maret 2019 01:44 WIB

Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Kampanye terbuka yang menjadi babak penentu untuk meraih kemenangan dalam Pemilihan Presiden 2019 berlangsung dari 24 Maret – 13 April 2019. Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden - wakil presiden Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo – Sandi) sudah menentukan titik awal penyerangan.

Dari sini masing-masing kubu terus mengembangkan gempuran ke berbagai daerah di seluruh Indonesia sesuai dengan zonanisasi kampanye. Kampanye terbuka ini akan menjadi tahapan akhir masing-masing paslon dalam meraih simpati calon pemilih. Pada fase inilah mereka diuji secara langsung oleh massa.

Hari pertama kampanye terbuka dimulai Minggu (24/3/2019). Sesuai dengan jadwal dari masing-masing kabu, Jokowi dan Prabowo sudah memilih kota yang dijadikan sebagai awal penabuhan genderang perjuangan. Jokowi akan melakukan serangan awal dari Serang, Banten. Sedangkan Probowo terbang ke Manado.

Menurut Ketua TKN, Erick Thohir, pasangan calon nomor urut 01 akan memulai kampanye terbuka pada 24 Maret 2019, di GOR Sultan Maulana Yusuf, Ciceri, Serang, Banten. Erick Thohir menyebut, acara akan diisi dengan kegiatan-kegiatan menarik di jalan-jalan Kota Ciceri, dan membuat panggung rakyat.

Dia  juga menyebut, kegiatan kampanye terbuka itu turut diikuti oleh juru kampanye nasional dari para ulama, pimpinan partai koalisi, serta para menteri yang akan mengajukan cuti terlebih dahulu. "Insyaallah, kegiatan akbar di situ akan keliling kurang lebih 2-2,5 km menuju GOR Cicari," kata Erick Thohir dalam jumpa pers di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/3/2019), seperti dilansir tribunnews.com.

Erick Thohir lalu memaparkan kegiatan kampanye terbuka Jokowi-Maruf Amin hingga 30 Maret 2019. Dia mengatakan, kegiatan selanjutnya hingga tanggal 13 April akan diinformasikan lebih lanjut.

Sementara, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno masih mengonsolidasikan kampanye terbuka yang dimulai pada Minggu (24/3/2019) besok hingga13 April mendatang. Prabowo Subianto akan mengawali kampanye di wilayah Indonesia Timur.

Di hari pertama kampanye terbuka, Prabowo Subianto akan terbang ke Manado untuk berkampanye pada pagi pukul 10.00 Wita, sebelum kemudian terbang ke Makassar pada siang harinya.

Seusai debat keempat Pilpres 2019 pada Sabtu 30 Maret 2019, Prabowo Subianto akan berkampanye di Jawa Timur dan Jawa Tengah, tepatnya di Sidoarjo, Purwokerto, dan Pemalang.

Di fase akhir, Prabowo Subianto dijawalkan berkampanye 11 titik, yang tiga di antaranya merupakan kampanye akbar, yakni di Jakarta pada 7 April, lalu di Semarang pada10 April, dan terkahir sekaligus menutup kampanye terbuka pada Sabtu 13 April di Tangerang, Banten.

 Juru Bicara BPN Andre Rosiade mengatakan, lokasi kampanye terbuka adalah wilayah-wilayah yang belum sempat disambangi Prabowo Subianto di masa kampanye. "Sehingga memastikan seluruh wilayah dapat dikunjungi," katanya saat dihubungi, Sabtu (23/3/2019)

Selain itu, menurut Andre Rosiade, lokasi kampanye terbuka adalah wilayah-wilayah yang dapat menggenjot elektabilitas Prabowo Subianto. "Ada pertimbangan pemenangan juga, selain permintaan dari daerah," ujarnya.

Andre Rosiade optimistis kampanye terbuka akan berhasil menjaring suara masyarakat. "Kami sangat optimis kampanye terbuka akan mengukuhkan kemenangan Prabowo-Sandi, untuk menghadirkan pemimpin baru di 2019," ucapnya. ***