logo

Pilpres, Tidak Berubah

Pilpres, Tidak Berubah

23 Maret 2019 12:16 WIB

SuaraKarya.id -  

Oleh: Gungde Ariwangsa

Kawanku yang satu ini agak berubah akhir-akhir ini. Terutama sejak mulainya kampanye Pilpres 2019. Bersama dengan beberapa teman kami sering berdebat soal dua pasangan calon yang maju, Joko Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi - Ma'ruf) yang memakai nomor urut 01, dan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno (Prabowo - Sandi) yang memakai nomor urut 02.

Kami sering berbeda pandangan. Diskusi pun sering seru sampai ngotot-ngototan. Tapi tidak sampai lempar kursi apalagi tembak-tembakan.

Melihat ini, dia rajin mengikuti postinganku di medsos. Terutama di WA dan FB.

Suatu saat dia mendatangiku dengan serius. "Aku mau ngomong nih. Tapi sebaiknya kita cari tempat ngopi yang enak," ucapnya serius. "Ayo, siapa takut. Asal kamu traktir aku," kataku. "Beres!" jawabnya.

Saat kopi dan gengnya tersaji, dia langsung aja menembakku.

"Kamu Prabowo ya?" kata teman yang penampilannya jaim ini dengan serius
"Bukan," jawabku pelan
"Jadi kamu Jokowi dong," ucapnya lagi kini dengan nada lebih keras dan semangat
"Bukan juga," ujarku menjawab dengan nada yang tidak kalah keras dan semangatnya.
"Kalau gitu kamu Golput," katanya tegas
"Tidak juga," kataku menimpali sambil nyerucup kopi.
"Ah, kamu nggak jelas," ucapnya dengan nada mulai agak kesal.
"Aku sih jelas. Dari dulu aku mau yang jelas," jawabku masih dengan sersan
"Lalu kamu siapa," teriaknya.
"Aku jelas Gungde Ariwangsa," teriaku pula sambil tertawa
"Kawan, Pilpres sih Pilpres. Tapi nggak perlu ngotot gitu."
"Ngotot sih nggak. Cuma penasaran aja."
"Penasaran gimana. Sudah jelas sejak dulu-dulu, siapa pun presidennya, kamu sama aku tetap aja nggak berubah. Tetap berteman, bersahabat bahkan bersaudara dengan apa adanya. Walau kita berbeda suku, agama dan golongan."
"Kita Indonesia." katanya semangat
"Nah gitu dong. Kan jelas," sambungku sambil mengisap rokok dalam-dalam.
"Boleh berbeda tapi tetap NKRI. Berbeda-beda tetap satu. Pancasila," tegasnya.
Kini dia yangsemangat. Aku pun semangat.
"Indonesia itu istimewa. Indah dalam keragaman, Bersatu dalam perbedaan. Makanya banyak yang incar. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH