logo

Kepada 795 CPNS, Mentan Ingatkan Tugas Ujudkan Lumbung Pangan Dunia

Kepada 795 CPNS, Mentan Ingatkan Tugas Ujudkan Lumbung Pangan Dunia

CPNS Lingkup Kementan.
11 Februari 2019 17:58 WIB

Penulis : Laksito Adi Darmono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyambut 795 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018 di lingkup Kementan, Senin (11/2/2019) di Auditorium Gedung F Kementerian Pertanian, Jakarta. 

Sembari memberi motivasi dan wejangan kepada CPNS, Amran juga mengingatkan tugas besar di depan mata, yakni mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

“Saya yakin bahwa kalian yang berada disini merupakan putra/putri terbaik bangsa, tugas besar menanti Anda di sini. CPNS baru, harapan baru untuk untuk mencapai lumbung pangan dunia,” ujar Amran.

Mentan juga mengingatkan, untuk sukses sebagai pegawai harus dapat mengubah mindset (pola pikir), berdisiplin tinggi, petarung dan pantang menyerah terhadap tugas yang diberikan pimpinan. "Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, dan belajar tanpa henti untuk menemukan inovasi-inovasi teknologi di bidang pembangunan pertanian," katanya.

"Dari 28.420 orang pelamar, hanya 795 orang yang diterima, ini artinya kalian orang-orang pilihan," ujar Amran.

Amran juga berharap agar para CPNS tersebut dibina dengan baik agar menjadi generasi penerus untuk sektor pertanian di masa-masa mendatang. 

Sebanyak 795 orang CPNS Kementan terdiri dari formasi khusus, tamatan S1 dan S2, yang sebelumnya telah mengikuti seleksi kompetensi dasar dan telah memenuhi passing grade. Mereka ini terdiri dari 77 orang lulusan cumlaude/lulusan terbaik, 14 orang penyandang disabilitas, 14 orang putra/putri dari Papua dan Papua Barat, dan 690 orang posisi umum.

Nantinya para CPNS tersebut akan disebar di 11 unit eselon 1 di antaranya Sekretariat Jenderal 46 orang, Inspektorat Jenderal 10 orang, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan sebanyak 25 orang, Direktorat Jenderal Perkebunan 61 orang, Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian 18 orang,  Direktorat Jenderal Hortikultura 13 orang, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan 97 orang, Badan Ketahanan Pangan 17 orang, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian 77 orang, Badan Litbang Pertanian 211 orang, dan Badan Karantina Pertanian 220 orang. ***