logo

Rusun Cilincing Rusak Parah, Gubernur Anies Diminta Percepat Penyerahan Aset

Rusun Cilincing Rusak Parah,  Gubernur Anies Diminta Percepat Penyerahan Aset

Kondisi rusun Cilincing sangat memprihatinkan, atapnya rusak parah tak kunjung diperbaiki. Warga penghuni merasa tidak nyaman.,
11 Februari 2019 08:15 WIB

Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Janji Gubernur Anies Rasyid Baswedan saat kampanye Pilkada DKI 2017 belum dirasakan warga penghuni rumah susun (rusun) Cilincing, Jakarta Utara. Motto "Maju Kotanya, Bahagia Warganya" baru sebatas wacana.

Sebab, saat ini kondisi rusun Cilincing rusak cukup parah, sebagian atapnya bocor, fasilitasnya banyak yang tidak terpelihara. Namun terkesan didiamkan saja oleh unit pengelola.

Akibatnya penghuni merasa tidak nyaman. Apa lagi pada saat musim hujan seperti sekarang, warga yang tinggal di sana sangat tersiksa. Atap bocor, struktur bangunannya mengkawatirkan karena kaso dan reng-nya sudah aus dimakan usia.

"Kami sangat tidak nyaman dan kawatir atapnya roboh menimpa kami. Padahal penghuninya banyak anak-anak dan lansia," kata Entin Zuariah, salah seorang penghuni Rusun Cilincing, Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Kondisi rusun Cilincing yang atapnya bocor itu juga sudah disampaikan warga kepada Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI H Ramly Hi Muhamad saat kegiatan reses belum lama ini.

"Kegiatan reses saya di RW 010 Kelurahan Cilincing mendapat pengaduan dari warga penghuni rusun Cilincing yang menyebutkan kamar yang ia huni dan kamar-kamar lain bocor tidak kunjung diperbaiki," kata Ramly Hi Muhamad kepada Suarakarya.Id, Senin (11/2/2019).

Ramly Hi Muhamad menambahkan, rusun Cilincing belum diserahkan oleh Pengembang kepada Pemprov DKI, sehingga pihak UPT Rusun Cilincing belum bisa memperbaiki kerusakan dan perawatan rusun Cilincing.

"Saran saya kepada pak Gubernur Anies agar mengajukan dana tanggung jawab sosial (CSR) kepada PT Pertamina Pelabuhan dan PT Bogasari, hal itu sangat mungkin bisa dilakukan," katanya.

Ramly Hi Muhamad menambahkan, Pemprov DKI diminta segera memproses penyerahan aset dari PT Pelindo ini. Sehingga Dinas Perumahan dapat melakukan perbaikan kerusakan rusun Cilincing.

" Kita harus kasihan kepada anak-anak dan lansia yang tidak nyaman tinggal di rusun yang rusak. Akses jalannya juga masih tanah merah. Jadi pada saat hujan pasti banjir," kata Ramly yang juga Caleg DPRD DKI Partai Golkar Nomor Urut 1 dapil Jakarta Utara 3 ( Kecamatan Cilincing, Koja dan Kelapa Gading).

Editor : Yon Parjiyono