logo

Pasien DBD Membludak, Gudang Rumah Sakit Di Blora Digunakan Untuk Rawat Pasien

Pasien DBD Membludak, Gudang Rumah Sakit  Di Blora Digunakan Untuk Rawat Pasien

Wabah DBD menyerang Blora. Ratusan warga terpaksa dirawat di RS.
10 Januari 2019 16:45 WIB

Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - BLORA: Wabah demam berdarah melanda wilayah Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Dalam sepekanterakhir, pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soetijono, membludak.

Ada 38 penderita DBD yang dirawat. Namun karena keterbatasan kamar yakni sebanyak 22 kamar, sejumlah pasien terpaksa dirawat di lorong bahkan gudang rumah sakit.

Ruangan kita sudah penuh. Bahkan kita sudah mengeluarkan 10 tempat tidur cadangan. Ada juga yang kita rawat di ICU.

Namun karena hampir tiap hari ada pasien DBD, ya terpaksa kita rawat di lorong-lorong. Bahkan 3 gudang kita juga kita pakai untuk merawat pasien," kata Kabid Pelayanan RSUD Dokter Soetijono Jamil Muchlisin baru-baru ini kepada wartawan seperti diberitakan Antara.com.

Sementara itu, sejak Desember 2018 hingga Januari 2019, tercatat ada sekitar 188 penderita DBD yang menjani perawatan.

Sutono (45) mengaku tidak berani menolak pasien karena sejumlah rumah sakit padat oleh pasien. Selain itu seluruh pasien dipastikan mendapat pelayanan yang sama.

"Sebelum masuk, kita kasih tahu kalau kamar penuh. Kami tidak berani menolak pasien karena itu tidak boleh. Yang pasti semua pasien kita layani dengan sama, baik yang di kamar maupun di luar," ucapnya.

Salah satu orangtua pasien mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut. Baginya yang terpenting sang anak mendapat perawatan dan penanganan medis yang baik untuk anaknya.

"Tidak apa di sini, yang penting mendapat perawatan saja. Daripada tidak, kan malah bahaya," ucap salah satu orangtua pasien.

Editor : Yon Parjiyono