logo

Caleg Potensial, PAN Kota Bekasi Targetkan 8 Kursi Di Pemilu 2019

Caleg Potensial, PAN Kota Bekasi Targetkan 8 Kursi Di Pemilu 2019

Sekretaris DPD PAN Kota Bekasi Abdul Muin Hafis. (Foto: Dharma/suarakarya.id)
05 Desember 2018 09:43 WIB

Penulis : Muhajir

SuaraKarya.id - BEKASI: Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bekasi tak muluk-muluk mentargetkan delapan kursi di Pemilu 2019 mendatang. Bahkan bisa lebih dari targetan kursi caleg dari perhitungan tiga bulan kedepan menjelang Pilpres.

"Delapan kursi ini, seluruh dapil Insya Allah dapat satu kursi," ujar Sekretaris DPD PAN Kota Bekasi, Abdul Muin Hafis kepada suarakarya.id, Selasa (5/12/2018).

Namun yang terpenting, menurutnya, sejumlah caleg bisa turun ke konstituen menyampaikan program-program yakni visi dan misi bahwa PAN merupakan bagian dari koalisi pasangan Prabowo-Sandi (capres dan cawapres).

Dia menilai, efeknya sangat positif. Jadi bukan berarti bahwa efeknya hanya biasa, tapi juga terhadap koalisi-koalisi, bilamana koalisi itu bisa melakukan komunikasi kepada konstituen. Artinya, yang memilih Prabowo-Sandi secara otomatis berpotensi akan memilih partai koalisi.

"Hanya saja siapa yang mampu memanfaatkan efek ini untuk mendapatkan suara di legislatif. Itulah yang kita coba, sehingga saya berkeyakinan delapan kursi akan tercapai," ujar dia.

Muin mengaku, targetan delapan kursi caleg itu dari kalkulasi di sejumlah dapil dan kegiatan simulasi pada rapat koordinasi (Rakor).

"Ada sejumlah caleg potensial dari kalangan anak muda selain incumbent yang mencalonkan kembali," ujar dia.

Berikut targetan delapan kursi caleg di daerah pemilihan (Dapil), diantaranya:

Dapil 6 (Kecamatan Bekasi Barat dan Medan Satria), Dapil 3 (Kecamatan Rawalumbu, Mustikajaya dan Bantargebang), Dapil 4 (Kecamatan Jatisampurna dan Jatiasih), Dapil 1 (Kecamatan Bekasi Selatan dan Bekasi Timur), Dapil 2 (Kecamatan Bekasi Utara). Sedangkan dua kursi diperoleh di Dapil 5 (Kecamatan Pondokgede dan Pondok Melati).

Adapun Daerah pemilihan (Dapil) di Kota Bekasi terdiri dari enam, Dapil 1 yakni Kecamatan Bekasi Selatan dan Bekasi Timur dengan jumlah kursi sembilan, Dapil 2 Kecamatan Bekasi Utara dengan jumlah tujuh kursi.

Dapil 3 Kecamatan Bantargebang, Mustikajaya, dan Rawalumbu sebanyak 10 kursi, Dapil 4 Kecamatan Jatisampurna dan Jatiasih sebanyak tujuh kursi, Dapil 5 Kecamatan Pondokgede dan Pondok Melati, delapan kursi,dan terakhir Dapil 6 Kecamatan Bekasi Barat dan Medan Satria sebanyak sembilan.

Berdasarkan pemilihan legislatif (Piileg) 2014 lalu, PAN Kota Bekasi medapatkan 4 kursi diantara dewan itu, Abdul Muin Hafis, Syafril, Syaiful Bahri dan La Ode (Alm). (Dharma) ***

Editor : Yon Parjiyono