logo

Menko PMK Minta Sinergi Pusat Dan Daerah

Menko PMK Minta Sinergi Pusat Dan Daerah

Menko PMK Puan Maharani menyerahkan bantuan program Kemenko PMK kepada penerima manfaat di Kota Solo
09 November 2018 20:24 WIB

Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani minta ada sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk menjaga program yang bertujuan menyejahterakan rakyat. Hal ini dikatakan Puan disela-sela penyerahan bantuan program Kemenko PMK di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).

"Penyerahan bantuan ini juga untuk mengecek apakah bantuan sesuai dan berjalan dengan baik. Harus ada sinergi dengan bantuan dari pemerintah kota," katanya.

Sehingga bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat. Menko PMK juga berpesan kepada penerima manfaat untuk menggunakan bantuan sesuai peruntukkannya.

"Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) harus menggunakan untuk membeli kebutuhan sekolah, penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) harus menggunakan bantuan untuk kesejahteraan keluarga," jelasnya.

Selain menyerahkan bantuan KIP dan PKH, Menko PMK juga memberikan bantuan sarana prasarana untuk pendidikan, PAUD, SK Tunjangan Profeai Guru (SK TPG), bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil dan bayi serta bibit tanaman. Bantuan untuk sarana prasarana pendidikan sebesar Rp5,5 miliar untuk wilayah Kota Solo, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo, dan Klaten.

Penyerahan bantuan tersebut didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

"Guru penerima SK TPG akan menerima tunjangan sebesar satu kali gaji," kata Mendikbud.

Sementara itu Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan revolusi mental penyaluran bantuan telah dilakukan Pemkot Solo. Diantaranya program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) hanya bisa dicairkan untuk pembelian peralatan sekolah.***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto