logo

Qatar Sambut Dorongan AS Untuk Genjatan Senjata

Qatar Sambut Dorongan AS Untuk Genjatan Senjata

01 November 2018 23:47 WIB

Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id -  DOHA:Qatar pada Kamis (1/11/2018), menyatakan menyambut dorongan baru Amerika Serikat (AS) untuk gencatan senjata di Yaman.

Qatar juga menyambut peeundingan kembali perdamaian dengan dukungan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengakhiri perang tiga setengah tahun itu.

Pemerintahan Donald Trump, seperti dilansir Antara,  pada Rabu menyatakan iklim sudah tepat untuk melanjutkan pembicaraan perdamaian, setelah muncul pernyataan serupa dari Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis pada pekan ini.

Seruan Amerika Serikat itu adalah langkah menggembirakan menuju penyelesaian politik dan mengakhiri penderitaan rakyat Yaman," kata pernyataan kementerian luar negeri Qatar pada Kamis.

Yaman adalah salah satu negara termiskin Arab dan menghadapi bencana kemanusiaan luar biasa sebagai dampak perang pasukan Al Houthi, yang terkait terkait Iran, dengan sekutu pimpinan Saudi dukungan Amerika Serikat, yang berjuang memulihkan pemerintah yang diakui secara internasional.

Kedua pihak dalam perang itu dituduh melakukan pelanggaran berat hak asasi manusia. ***

Editor : Yon Parjiyono