logo

Pemesanan Tiket KA Untuk Natal Dan Tahun Baru Sudah Dibuka

Pemesanan Tiket KA Untuk Natal Dan Tahun Baru Sudah Dibuka

Stasiun Purwosari Solo
12 Oktober 2018 18:03 WIB

Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Pemesanan tiket Kereta Api (KA) untuk Natal dan Tahun Baru sudah bisa dilakukan saat ini. Menurur Manajer Humas Daerah Operasional (Daop) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, pemesanan tiket bisa dilakukan pada H-90 tanggal keberangkatan.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk jauh-jauh hari memesan tiket. Biasanya beli tiket satu minggu sebelum keberangkatan jadi sering tidak kebagian," kata Eko Budiyanto, kepada wartawan, Jumat (12/10/2018).

Disinggung mengenai jumlah tempat duduk yang disediakan untuk angkutan Natal dan Tahun Baru 2018, Eko belum bisa mengatakan secara pasti. Tetapi tahun lalu, Daop VI Yogyakarta mengoperasionalkan enam kereta api tambahan.

"Kalau tahun lalu ada enam kereta tambahan. Yakni Taksaka pagi, Taksaka malam, Lodaya, Argolawu, Argo Dwipangga, dan Sancaka," katanya lagi.

Untuk tahun ini jumlah penumpang diperkirakan naik empat hingga enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu untuk menambah kenyamanan penumpang kereta api, Daop VI Yogyakarta akan menambah fasilitas umum berupa toilet portabel di setiap stasiun besar. Yakni di Stasiun Tugu , Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan, Solo.

"Toilet portabel akan diletakkan di depan stasiun. Karena kami sering dikomplain masyarakat karena tidak ada fasilitas toilet di luar stasiun," ujarnya.

Menurut Eko, saat ini sudah tersedia dua unit toilet portabel yang akan diletakkan di Stasiun Tugu. Menyusul setelahnya di Stasiun Solo Balapan, Solo. Daop VI menjadi yang pertama memilikinya.

"Toilet portabel ini untuk menambah layanan PT KAI kepada masyarakat. Sehingga lebih nyaman, apalagi di Stasiun Tugu juga tengah dilakukan penataan stasiun," tambah Wakil Kepala Stasiun Besar Tugu Yogyakarta, Agus Triyanto pada kesempatan yang sama.

Penataan tersebut berupa pembuatan taman dan lighting di stasiun. Monumen kereta api juga akan dibangun di Stasiun Tugu. ***

Editor : Silli Melanovi