logo

Ratusan Warga Mendapat Pelayanan Kesehatan Dan Sembako Pada Penutupan TNI Manunggal KB Kesehatan 2018

Ratusan Warga Mendapat  Pelayanan Kesehatan Dan Sembako Pada Penutupan TNI Manunggal KB Kesehatan 2018

12 Oktober 2018 06:14 WIB

Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - JAKARTA: Ratusan warga mendapat pelayanan kesehatan dan  KB, akte kelahiran  serta bingkisan sembako pada penutupan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) tahun 2018 oleh Wali Kota Jakarta Timur M Anwar di RPTRA Jaka Berseri Rusun Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulogadung, Rabu (10/10/2018).

Pada kesempatan itu Wali Kota yang didampingi  Ketua TP PKK Jakarta Timur Diah Anwar  juga meresmikan Kampung KB Tahap IV  dan secara   simbolis menyerahkan bantuan 5 kursi roda dari BAZIS Jakarta Timur kepada warga setempat.

Hadir PJS Kepala Staf Kodim 0505 Jakarta Timur Mayor Lucky D, pejabat Polres Jakarta Timur dan Ketua PMI Kota Jakarta Timur H Krisdianto serta Kepala Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Timur Fetty Fatimah.

Wali Kota juga menyerahkan tanaman produktif dan bibit ikan kepada warga sekitar dan paket peralatan sekolah  dari PMI Jakarta Timur untuk anak anaknya.

"Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan merupakan agenda rutin tahunan TNI bersama Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pemberdayaan dan pembinaan kesehatan," kata M. Anwar.

Dikatakannya, program TNI Manunggal KB Kesehatan bertujuan untuk percepatan pembangunan dan KB supaya seluruh lapisan masyarakat mendapatkan penyuluhan maupun pelayanan kesehatan terutama di bidang KB dan serta untuk mewujudkan kesehateraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional.

"Karena itu kegiatan ini saya anggap strategis. Saya menyampaikan apresiasi kepada jajaran TNI di lingkungan Kodim 0505 JT yang  menggalang potensi secara terpadu dengan SKPD/UKPD dan sektor swasta sehingga  penutupan TMKK tingkat Kota Jakarta Timur terlaksana dengan baik," katanya.

Mengenai Kampung KB
Anwar menjelaskan, tahap IV tersebut meliputi 10 lokasi.
"Dengan demikian jumlah Kampung KB di Jakarta Timur sampai dengan tahun 2018 sudah 31 lokasi,"  katanya. 

Sementara itu PJS Kasdim Dandim 0505 JT Mayor Lucky D mengakui antusiasme  masyarakat Jatinegara Kaum cukup tinggi menanggapi kegiatan TMMK ini. Terbukti mereka membentuk antrian panjang untuk mendapatkan pelayanan   IVA test, maupun KB Kesehatan.

Lucky menjelaskan TMKK 2018 telah berlangsung 6 bulan sejak Mei yang lalu. Sasarannya  adalah Keluarga Berencana, Kesehatan Reproduksi Keluarga dan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Pemberdayaan dan Ketahanan Keluarga, Imunisasi lingkungan, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA).

Mengenai pelayanan KB dengan mobil keliling, Kasudin PPAPP Jaktim Fetty Fatimah Kamis (11/10) mengungkapkan seharian Rabu melayani 123 orang warga akseptor.
Jumlah itu terdiri dari pemakai kontrasepsi IUD 43 orang, implant 39 orang, suntik 17 orang dan kondom 24 orang.

"Ada juga lomba untuk anak anak PAUD yang hadiahnya dibagikan saat itu juga," ujar Fetty.

Sementara Kepala Seksi Pengumpulan/Penyaluran ZIS Bazis Jakarta Timur Budi Rianto menjelaskan Kamis (11/10) untuk sembako bagi para akseptor dan pasien kesehatan lainnya BAZIS Jaktim  menyediakan 200 paket @ Rp 100.000,- sehingga total Rp 20 Juta.

"Untuk bantuan kursi roda kami sediakan 5 unit       senilai total Rp10.750.000,-. Tapi yang   diserahkan oleh Pak Wali kemarin hanya satu. Yang  empat lagi nanti Pak Lurah yang akan menyampaikan kepada warganya," ujar Budi.

Tercatat para penerima bantuan kursi roda semua warga Kelurahan Jatinegara Kaum. Yaitu Ampih, Ny Maimunah, Wasja, Nurlaila dan A. Salim. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto