logo

Kapal Dari Bitung Berhasil Selamatkan Nelayan SBB Provinsi Maluku

11 Oktober 2018 22:55 WIB

Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - AMBON: Sebuah kapal penangkap ikan asal Bitung Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menyelamatkan Ramidin Lamakoro (28), seorang nelayan asal Desa Kawa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Provinsi Maluku, yang dikabarkan hilang saat melaut pada 29 September 2018 lalu.

"Ramidin yang melaut sendirian menggunakan sebuah long boat ternyata ditemukan KM. Kauripan 3 dan akhirnya mengevakuasi korban yang masih dalam keadaan selamat ke Pelabuhan Bitung," kata Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin di Ambon, Kamis (11/10/2018) seperti dilansir Antara Ambon.

Kepastian ditemukannya Ramidin dalam keadaan selamat setelah salah satu pihak keluarga korban menghubungi Kantor SAR Ambon.

"Kami menerima kabar dari keluarga korban bernama bapak Bit, kalau Ramidin sudah ditemukan oleh sebuah kapal ikan dan mengevakuasi korban ke Bitung," ujarnya.

Namun sejauh ini belum ada laporan yang rinci tentang kondisi korban dan apa yang menjadi penyebab sehingga dirinya bisa dinyatakan hilang selama lebih dari satu pekan dan akhirnya diselamatkan kapal ikan asal Bitung.

Muslimin mengatakan, Kantor SAR Ambon menerima laporan dari pihak keluarga setelah tiga hari korban sudah tidak pulang ke rumah.

Pencarian korban selama beberapa hari masih nihil dan lokasinnya sudah diperluas sampai ke wilayah perairan Maluku Utara sehingga Kantor SAR Ambon memapelkan untuk Kantor SAR Ternate secara bersama melakukan pencarian.

Upaya regu penyelamat mencari korban ke arah perairan laut Maluku Utara karena menjaga kemungkinan yang bersangkutan bisa hanyut terbawa arus laut ke kawasan tersebut.

Karena beberapa waktu lalu ada juga nelayan asal Kabupaten SBB yang sempat hilang di laut dan akhirnya ditemukan di sekitar perairan Pulau Obi, Provinsi Maluku Utara. ***

Editor : Gungde Ariwangsa SH