logo

Balai Yasa Yogyakarta Maksimalkan Perawatan Kereta Jelang Natal Dan Tahun Baru

Balai Yasa Yogyakarta Maksimalkan Perawatan Kereta Jelang Natal Dan Tahun Baru

Balai Yasa Yogyakarta maksimalkan perawatan kereta menjelang Natal dan Tahun Baru
11 Oktober 2018 21:54 WIB

Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Balai Yasa Yogyakarta memaksimalkan perawatan kereta api menjelang Natal dan tahun baru. Sehingga sebelum Natal dan Tahun Baru, seluruh kereta lokomotif dan kereta genset siap untuk digunakan.

"Persiapannya menyangkut logistik perawatan. Jadi pelaksanaan waktu perawatan kita hitung benar agar sesuai dengan jadwal," ujar Executive Vice President (EVP) Balai Yasa Yogyakarta, Hasyim Suwondo, kepada wartawan disela-sela kunjungan wartawan di Balai Yasa Yogyakarta, Kamis (11/10/2018).

Menurut Hasyim, perawatan semua kereta lokomotif maupun kereta genset telah ada dalam program hingga akhir tahun. Termasuk untuk perawatan kereta angkutan Natal dan Tahun Baru. Selama tahun 2018 ini, jumlah kereta lokomotif dan genset yang menjalani perawatan di Balai Yasa sebanyak 71. Saat ini yang masih menjalani perawatan sebanyak 24 genset dan 12 lokomotif.

"Kapasitas di Balai Yasa untuk lokomotif sebanyak 12 per bulan. Untuk genset sebanyak 10 per bulan dan untuk kereta diesel 2 train rangkaian," jelasnya.

Untuk onderdil kereta selama ini masih mengandalkan impor karena harus original dari pabriknya. Saat ini perawatan kereta sudah sistematis sehingga untuk suku cadang bisa terkendali.

"Kecuali kalau ada kejadian kecelakaan berat, itu membutuhkan waktu lama karena harus mencari suku cadang," katanya lagi.

Manajer Produksi Balai Yasa Yogyakarta, Maruchan, menambahkan untuk proses perawatan waktu yang dibutuhkan sekitar 26 hari.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto, pada kesempatan yang sama mengatakan Daop VI Yogyakarta telah melakukan inspeksi jalur perlintasan kereta api di daerah rawan.

"Inspeksi jalur kereta ini penting untuk meminimalisir angka kecelakaan salama masa angkutan Natal dan Tahun Baru," ujarnya.

Selain itu, Daop VI juga menambah petugas, baik di palang pintu ekstra, petugas pemeriksaan jalur rel kereta api maupun petugas jembatan daerah rawan. ***

Editor : Laksito Adi Darmono