logo

Ratusan Rumah Di Dua Kecamatan Pulau Sapudi Rusak Berat

Ratusan Rumah Di Dua Kecamatan Pulau Sapudi Rusak Berat

Istimewa
11 Oktober 2018 20:32 WIB

Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Tiga orang tewas dan ratusan rumah rusak berat akibat gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter (SR) yang mengguncang Situbondo. Gempa yang melanda hingga Pulau Madura itu menyebakan 210 rumah di dua kecamatan di Pulau Sapudi, Sumenep, rusak berat.

Menurut Gubernur Jatim, Soekarwo, kerusakan paling besar terjadi di Kecamatan Gayam yang terdapat 30 rumah rusak berat, 80 rumah rusak sedang, dan 100 rumah rusak ringan. "Di Kecamatan Nunggunung, sedikitnya ada 36 rumah rusak berat," ujarnya, Kamis (11/10/2018).

Gempa itu juga menewaskan Nuril Kamiliya (7) warga Dusun Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Sumenep akibat tertimpa tembok rumah. Korban tewas lain akibat kasus serupa adalah Nadhar (55) Dusun Jambusok, Desa Prambanan, Kecamatan Gayam, Sumenep dan Buhama (65) Dusun Karang Nyior, Desa Prambanan Kecamatan Gayam, Sumenep.

Gempa yang menerjang Sumenep itu juga menciderai 27 warga setempat. Tapi masalahnya, semua korban yang terluka di Pulau Sapudi itu tidak mau menjalani perawatan di RS Sumenep.

Gubernur Soekarwo akhirnya memutuskan untuk menyiapkan rumah sakit sementara di Pulau Sapudi. Tenaga medis yang dibutuhkan segera saat ini adalah di bidang ortopedi dan bedah karena banyak yang menderita patah kaki atau tangan.

Pada bagian lain, Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengirimkan 50 angggotanya untuk di BKO (bawah kendali operasi) ke Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep. "Anggota yang kami BKO ke Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi sebanyak 50 orang," ujarnya.

Mereka terdiri dari personil Brimob dan Sabhara. Pihaknya juga sudah menyiapkan tenda darurat untuk tempat tinggal sementara bagi warga yang rumahnya rusak berat dan tidak bisa lagi ditinggali.

Seperti diketahui, gempa yang berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Situbondo itu memicu kerusakan di banyak daerah. Daerah terparah yang mengalami kerusakan akibat gempa tersebut adalah Kecamatan Gayam, Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep.***

 

Editor : Markon Piliang