logo

Pengamat: Janganlah Ganggu Polri Yang Sudah Baik Ini

Pengamat: Janganlah Ganggu Polri Yang Sudah Baik Ini

Emrus Sihombing
11 Oktober 2018 17:09 WIB

Penulis : B Sadono Priyo

SuaraKarya.id -  

JAKARTA: Pengamat Politik Emrus Sihombing mengatakan, dibawah kepemimpinan Tito Karnavian, Polri telah mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik sebagai institusi penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. 

“Misalnya pelaksanaan Pilkda 2018, Asian Games, kemudian pengamanan IMF Wold Bank hingga penanganan bencana di Lombok dan Palu tak lepas dari peran Polri,” kata Emrus kepada wartawan, Kamis (11/10). 

Ia berpendapat, hal tersebut tak lepas dari suksesnya koordinasi yang dilakukan dari pucuk pimpinan hingga ke tingkat bawah. Sehingga menurutnya kinerja Polri perlu didukung dengan harapan dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

“Saya kira memang demikian, namun juga tetap perlu mengkritik agar kinerjanya terus ditingkatkan,” ujar Emrus. 

Emrus menyayangkan ramainya kembali isu dugaan skandal suap Basuki Hariman yang menyudutkan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang terus disuarakan oleh beberapa politisi dan aktor politik. Ia menduga, hal tersebut tak lepas dari kepentingan yang memiliki motif tertentu. 

“Padahal itu persoalan di ranah hukum. Janganlah ganggu Polri yang sudah baik,” ujar Ermus yang juga Ketua Dewan Etik Aliansi Jurnalis Onlinline (AJO)

Padahal, dugaan suap Basuki Hariman pernah ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya. Dari keterangan hasil penyelidikan yang diperoleh dari keterangan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Basuki Hariman mengaku tidak pernah memberi uang kepada Tito.