logo

Iklan Tolak Angin SidoMuncul Versi Kris Aquino Tayang, Respon Konsumen Filipina Makin Tinggi

Iklan Tolak Angin SidoMuncul Versi Kris Aquino Tayang, Respon Konsumen Filipina Makin Tinggi

Irwan Hidayat, Kris Aquino (tengah) dan Maria Reviani Hidayat saat berfoto bersama saat behind the scene proses syuting iklan terbaru Tolak Angin di Prambanan, Yogyakarta
11 Oktober 2018 14:56 WIB

Penulis : AG. Sofyan

SuaraKarya.id - JAKARTA: Paska pembuatan dan penayangan iklan Tolak Angin SidoMuncul terbaru dengan endoser artis sekaligus tokoh publik Filipina, Kris Aquino, respon masyarakat negeri sahabat di kawasan Asia Tenggara ini terhadap produk produsen herbal kebanggaan Indonesia ini makin tinggi.

Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi SidoMuncul Tbk, Irwan Hidayat menyebut respon masyarakat Filipina sangat positif. Ini artinya, kata dia, brand awareness konsumen terhadap produk dalam negeri seperti jamu ini ternyata bisa diterima masyarakat negara lain dengan baik.

Kepercayaan konsumen internasional terhadap keunggulan produk herbal tersebut dikarenakan produk jamu cair Tolak Angin SidoMuncul telah memenuhi kebutuhan konsumen secara aman, higienis, berkhasiat dan bertanggung jawab. Ini juga karena produksinya telah dilakukan secara modern dan berdaya saing.

SidoMuncul, kata Irwan juga telah mendaftarkan brand Tolak Angin ke Food and Drug Adiministration Philippines dan puji Tuhan, telah mendapatkan ijin edar pada 16 November 2017 lalu.

"Jadi logikanya kan sederhana saja. Semua obat alam itu baik. Semua orang tentu pengin terus sehat dengan cara alami. Alhamdulillah, produk kita ke sana (Filipina-red) bisa diterima dan kalau masyarakat cocok, maka produk ini bisa sukses,"ungkap Irwan di kantornya, Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (10/10/2018).

Menurut Irwan, produk-produk saleable SidoMuncul sejatinya sudah sampai diekspor ke Afrika Selatan, Eropa dan Amerika.

"Kita sudah lama ekspor, Tolak Angin. Namun yang beriklan baru Filipina untuk konsumsi masyarakat di sana. Kalau tahun pertama Filipina, tahun berikutnya bisa saja ke negara lain,"jelas Irwan.

Kris Aquino diendorse sebagai bintang iklan produk unggulan SidoMuncul yakni Tolak Angin terbaru dikhususkan untuk pangsa pasar Filipina.

Putri Presiden ke-11 Filipina Corazon Aquino dan juga adik kandung presiden ke-15 Filipina Benigno Aquino ini dikenal sebagai pesohor, selain artis, presenter juga produser di negaranya. Pemilihan Kris Aquino ini untuk memperkenalkan produk Tolak Angin di negeri lumbung padi ini, dengan harapan mudah diterima oleh masyarakat Filipina. SidoMuncul memilih Kris Aquino sebagai bintang iklan ini, jelas Irwan Hidayat bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat Filipina terhadap produk SidoMuncul.

"Kami juga berharap melalui Kris Aquino, masyarakat Filipina semakin mudah mengenal Tolak Angin dan dapat menerima produk-produk SidoMuncul dengan baik. Apalagi masyarakat Filipina memiliki tradisi minum jamu yang hampir sama dengan Indonesia," kata cucu pendiri SidoMuncul, Nyonya Rakhmat Sulistio ini.

Kepercayaan publik Filipina berefek pula kepada kepercayaan internasional bahwa produk legacy nenek moyang Indonesia ini dapat diterima oleh konsumen lintas negara dan bangsa.

Disela-sela behind the scene pembuatan iklan Tolak Angin seri Kris Aquino waktu itu di Borobudur, Magelang dan Prambanan, Yogyakarta, Wakil Direktur Marketing SidoMuncul Maria Reviani Hidayat, menegaskan SidoMuncul, kini tengah memperluas pangsa pasarnya dengan melakukan ekspansi ke Filipina.

"Jadi saya kira SidoMuncul mengambil Kris Aquino sebagai Brand Ambassador Tolak Angin untuk pasar Filipina sudah sangat tepat karena dia memiliki image baik sebagai publik figur dan bisa menjadi good influencer bagi masyarakat di Filipina,"jelas Maria.

Perusahaan jamu dan farmasi dengan kode emiten SIDO ini pun telah mendirikan kantor cabang di Manila, Filipina sebagai wujud keseriusan ekspansi dagangnya ke Negeri Presiden Rodrigues ini.

Sulung dari pasangan Irwan Hidayat dan Shinta Ekowati Sujarwo ini mengatakan moment penting SidoMuncul adalah saat pada 20 September 2018 lalu, telah melakukan ekspor perdana Tolak Angin ke Filipina sebanyak 40 feet High Cube*** 

 

Editor : Gungde Ariwangsa SH