logo

Indonesia - Finlandia Kerja Sama Olah Sampah Menjadi Energi Listrik

Indonesia -  Finlandia Kerja Sama Olah Sampah Menjadi Energi Listrik

Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan) menerima Menteri Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Anne-Mari Virolainen (kiri). (foto,ist)
10 Oktober 2018 19:09 WIB

Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) bekerja sama dengan Finlandia, dalam program mengolah sampah menjadi energi listrik, sekaligus bekerja untuk mengatasi masalah kemiskinan.

"Kerja sama ini berbicara bagaimana mengolah sampah menjadi energi listrik, yang untuk mengangkat nasib anak-anak miskin di pusat sampah di Jakarta," tutur Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, usai menerima Menteri Pembangunan dan Perdagangan Luar Negeri Finlandia Anne- Mari Virolainen dam rombongan, di kantor Kemensos, di Jakarta, Rabu (10/12018.

Dalam pertemuan itu, Mensos didampingi Dirjen Pemberdayaan Fakir Miskin Andi ZA Dulung, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Nahar, Kepala Biro Perencanaan Adhy Karyono, dan Direktur Pemberdayaan Sosial, Perorangan, Keluarga dan Kelembagaan Masyarakat Bambang Mulyadi. Sementara dalam rombongan Anne-Mari, ikut pula, Wakil Presiden Fortum Pasi Mikkonen, dan juga perwakilan Kementerian Luar Negeri Finlandia Tapani Kivelä, Jukka-Pekka Kaihilahti, dan Anssi Kullberg.

Diungkapkan Mensos, kerja sama itu bisa mengatasi tiga masalah sekaligus. Yang selama ini masih dialami Indonesia terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Yakni masalah sampah, menyalakan listrik, dan penanganan kemiskinan

"Dengan mengolah sampah menjadi listrik, maka masalah sampah bisa kita atasi bersama kita dapat meningkatkan energi energi," ujarnya. Jadi, di kawasan kumuh, program pemenuhan hak anak-anak miskin melalui CSR dapat dikembangkan.

Dengan menimbang luas manfaat yang bisa didapat, Mensos memungkinkan proyek ini bisa dikembangkan di kota-kota lain di Indonesia, misalnya di Bandung.

Sementara, untuk melakukan proyek ini, pihak Finlandia sedang mengintensifkan pembicaraannya dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Dalam pelaksanaannya di masa depan, proyek ini tidak semata-mata berorientasi pada akumulasi keuntungan (laba).

Editor : Markon Piliang