logo

PLN Jatim Kirim Lagi Infrastruktur Kelistrikan ke Wilayah Gempa

PLN Jatim Kirim Lagi Infrastruktur Kelistrikan ke Wilayah Gempa

10 Oktober 2018 14:21 WIB

Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: PLN Jatim masih terus membantu recovery jaringan listrik di wilayah gempa Sulawesi Tengah. Kali ini mereka memasok infrastruktur tambahan untuk menyalakan listrik di Palu, Donggala dan Sigi.

Menurut Manajer Komunikasi PLN UID Jawa Timur, Fenny Nurhayati, ini ada tujuh gardu induk yang sudah aktif di tiga kota korban gempa tersebut. "Saat ini kami kirim material infrastruktur yang menghubungkan dari gardu induk ke rumah pelanggan," ujarnya di Surabaya, Rabu (10/10/2018).

Material infrastruktur yang dikirim ke Palu lewat Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya diantaranya 61 trafo, 324 pin isolator, 1.902 piercing konektor, 300 ribu meter kabel jaringan.

Memasuki hari ke-11 ini, masyarakat yang tinggal di wilayah korban gempa dan tsunami mulai beraktivitas. Warga juga sudah mulai berani membuka toko, warung makan, cafe dan sebagainya.

Selain 7 gardu induk yang sudah normal, saat ini juga ada 1.533 gardu distribusi yang aktif. Sebanyak 45 penyulang yang ada di wilayah itu juga sudah dipulihkan 100 persen.

Di Kota Palu sendiri saat ini tersedia 101,2 MW yang dipasok oleh PLTU Tawaeli yang masih dalam proses perbaikan. Beban puncak sistem di Sulteng sebesar 54,14 MW.

CSR Peduli PLN senilai Rp4,06 miliar juga sudah disalurkan dalam berbagai bentuk. Diantaranya berupa pembangunan dapur umum, sembako, air bersih dan sebagainya.***

Editor : B Sadono Priyo