logo

Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia Harus Dapat Dirasakan Langsung Oleh Masyarakat

Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia Harus Dapat Dirasakan Langsung Oleh Masyarakat

H.Bambang Wiyogo
02 Oktober 2018 21:57 WIB

Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Golkar H Bambang Wiyogo mengatakan, bahwa Indonesia dalam menjalankan kebijakan luar negerinya harus memperhatikan dampak langsung terhadap kehidupan rakyat, dan menjadikan alat tawar Indonesia dalam percaturan internasional.

Hal itu ditegaskan Bambang Wiyogo dalam kesempatan tatap muka bersama Forum Masyarakat Jakarta Timur, para tokoh, dan ketua RW se-Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Pada kesempatan tersebut wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta 1 ini menambahkan, kebijakan politik luar Negeri Indonesia di era Presiden Jokowi ini dilakukan dengan penuh harapan.

Semoga, kata Bambang renstra Menteri Luar Negeri untuk membuat Poros Maritim Indonesia dan dimasukannya Indonesia sebagai anggota dewan Tidak Tetap Keamanan PBB sebagai langkah yang penuh harapan.

Karena itu kebijakan tersebut harus dapat berdampak kepada kehidupan rakyat secara ekonomi. Artinya pola deplomasi kita harus berdemensi ekonomi atau dengan kata lain perlunya deplomasi ekonomi tambahnya.

Menurut Bambang, kepercayaan masyarakat internasional di era Pemerintah Presiden Joko Widodo cukup tinggi.

"Nilai investasi dari luar negeri terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal itu harus kita dukung agar ke depan, Indonesia semakin diperhitungkan," ucap Bambang, putra mantan Gubernur DKI Wiyogo Atmodarminto ini.

Editor : Yon Parjiyono