logo

Pelaku Asusila Remas Payudara Dihukum Setahun Penjara

Pelaku Asusila Remas Payudara Dihukum Setahun Penjara

09 Agustus 2018 15:22 WIB

Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Terbukti melanggar tindakan keasusilaan, terdakwa Ilham Sina Tanjung dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun. Vonis ini dibacakan Ketua Majelis Hakim Rizki Mubarak, didampingi Nursana dan Nanang Herjunanto selaku anggota majelis hakim, di Pengadilan Negeri Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (9/8/2018) siang.

"Terdakwa Ilham Sina Tanjung telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja melakukan keasusilaan di tempat terbuka. Oleh karena itu, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ilham Sina Tanjung dengan pidana penjara selama 1 tahun," kata Rizki yang membacakan putusan pengadilan.

Sidang pengadilan yang mengadili pria berusia 30 tahun itu digelar secara terbuka. Kuasa hukum terdakwa, Agung Pratama, hadir di sidang. Begitu pula Jaksa Penuntut Umum (JPU) Putri Dwi Astrini.

Ilham yang berkacamata dan berbaju batik diberi kesempatan oleh majelis hakim untuk menerima atau naik banding atas putusan tersebut.

"Apakah terdakwa menerima atau akan banding? Atau akan pikir-pikir dahulu selama 7 hari?" ujar Ketua Majelis Hakim sebelum menutup sidang.

Kuasa hukum terdakwa mengatakan pikir-pikir terlebih dahulu dalam tempo tujuh hari.

Tindakan keasusilaan yang dilakukan terdakwa adalah meremas payudara berinisial RA (22) di Jalan Kuningan RT 01/RW 18 Kelurahan Kemiri Muka, Beji, Kota Depok, di bulan Januari 2018. Aksi ini terekam CCTV dan menjadi viral.

Atas perbuatannya itu, JPU menuntut Ilham  hukuman 4 bulan penjara lantaran terbukti melanggar Pasal 281 ayat (1) KUHP tentang Keasusilaan.

Selama menjalani proses hukum hingga persidangan, terdakwa tidak ditahan. Aparat penegak hukum, dalam alasannya, mengatakan bahwa ancaman pidana yang dikenakan terhadap terdakwa di bawah 4 tahun penjara. Sehingga setatus pelaku saat itu menjadi tahanan luar dan wajib lapor.***

Editor : Silli Melanovi