logo

Napi Kasus Pembunuhan Kabur Dari Lapas Porong

Napi Kasus Pembunuhan Kabur Dari Lapas Porong

Istimewa
24 Juni 2018 21:17 WIB

Penulis : Andira

SuaraKarya.id - SURABAYA: Seorang narapidana kasus pembunuhan, Jidi bin Sanari (52) berhasil melarikan diri dari Lapas Kelas l Surabaya di Porong Sidoarjo. Saat kejadian, warga Camplong, Sampang, Madura itu sedang menjalani vonis 13 tahun penjara usai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya tahun 2013 silam.

Kapolsek Porong, Kompol Adrial membenarkan kasus kaburnya salah satu tahanan Lapas Porong tersebut. "Ya ada tahanan Lapas Porong yang tidak ada di ruang tahanan," ujarnya, Minggu (24/6/2018).

Napi yang masih harus menjalani sisa tahanan 6,5 tahun itu tidak diketahui keberadaannya sejak saat waktu istirahat Sabtu (23/6/2018) sore. Aparat yang melakukan pencarian, hingga kini belum menemukan keberadaan sang sapi.

Menurut Kepala Lapas Porong, Pragiyono, Jidi memanfaatkan masa kunjungan di Lapas yang sedang padat di sisa libur Lebaran 2018. Jidi memang tidak dikurung karena sejak tiga bulan terakhir sedang menjalani masa asimilasi sebagai petugas kebersihan bagian luar, alias menjadi tamping.

Pelaku, setiap pagi pukul 07.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB diperbolehkan keluar karena tugas bersih-bersih di selitar Lapas Porong. Pada hari kejadian atau bersamaan dengan membludaknya pengunjung, Jidi tak terlihat masuk masuk ke dalam lapas lagi seperti beiasanya.

Padahal, tiga rekannya sesama tamping yang bertugas membersihkan halaman luar sudah kembali masuk semua. "Karena dicari tak kunjung ketemu, akhirnya dinyatakan melarikan diri," ujarnya.

Pihaknya menyayangkan ulah Jidi tersebut, karena selama ini Jidi bersikap baik selama menjalani proses asimilasi. Untuk memburu sang napi, pihak lapas berkoordinasi dengan aparat kepolisian, termasuk dengan Polsek tempat asal terpidana Jidi.***

 

Editor : B Sadono Priyo