logo

Piala Dunia 2018: FIFA Investigasi Pahlawan Kemenangan Swiss Atas Serbia

Piala Dunia 2018: FIFA Investigasi Pahlawan Kemenangan Swiss Atas Serbia

24 Juni 2018 14:19 WIB

Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MOSKWA: Badan sepakbola dunia (FIFA) telah membuka penyelidikan atas tujuan gerakan perayaan gol Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri saat menentukan kemenangan Swiss atas Serbia di Piala Dunia 2018. Kedua pemain keturunan etnis Albania dari Kosovo, di mana tindakan keras Serbia terhadap populasi Albania hanya berakhir dengan intervensi militer NATO pada tahun 1999.

Menurut laporan bbc.com, setelah mencetak gol, mereka membuat gerakan elang dalam simbol elang berkepala dua di bendera Albania. Keduanya dicemooh oleh fans Serbia.

Dalam sebuah pernyataan, FIFA mengatakan komite disiplin telah membuka persidangan terhadap Xhaka dan Shaqiri. Dalam kaitan dengan pertandingan yang sama, proses disipliner telah dibuka terhadap FA Serbia untuk gangguan kerumunan dan tampilan pesan politik dan ofensif oleh fans Serbia .

"Selanjutnya, penyelidikan awal telah dibuka terhadap pelatih tim nasional Serbia, Mladen Krstajic, untuk pernyataan yang diduga dibuat setelah pertandingan tersebut."

Tidak jelas apa yang dimaksud dalam penyelidikan Krstajic, tetapi dalam komentarnya kepada wartawan Serbia pada hari Sabtu, dia mengatakan tentang wasit pertandingan Felix Brych. "Saya tidak akan memberinya kartu kuning atau merah, saya akan mengirimnya ke Den Haag. Kemudian mereka bisa mengadilinya, seperti yang mereka lakukan pada kita. "

Setelah pertandingan, yang timnya menang 2-1, manajer kelahiran Bosnia Vladimir Petkovic ditanya tentang perayaan dan berkata: "Anda tidak boleh mencampur sepakbola dan politik. Sangat penting untuk menjadi penggemar, dan untuk memberi hormat. Ini adalah suasana yang indah dan itulah dukungan yang harus dilakukan."

Ayah Xhaka menghabiskan tiga setengah tahun sebagai tahanan politik di Yugoslavia sementara Shaqiri lahir di Yugoslavia sebelum beremigrasi ke Swiss sebagai seorang anak.

Shaqiri juga memakai bendera Kosovo, dijahit ke sepatu botnya. "Itu hanya emosi," katanya tentang perayaannya. "Saya sangat senang untuk mencetak gol ini. Ini tidak lebih. Saya pikir kita tidak perlu membicarakan hal ini sekarang." ***