logo

Juara Grup Spanyol-Portugal Mungkin Ditentukan Lewat "Fair Play"

Juara Grup Spanyol-Portugal Mungkin Ditentukan Lewat

Cristiano Ronaldo. (Ist)
24 Juni 2018 07:30 WIB

Penulis : Dwi Putro Agus Asianto

SuaraKarya.id - SAMARA: Catatan disiplin Spanyol dan Portugal dapat digunakan untuk menentukan siapa tim pemenang Grup B Piala Dunia jika keduanya menang dengan skor yang sama dalam pertandingan kualifikasi terakhir mereka pada Senin (25/6/2018).

Dalam insiden yang mungkin saja terjadi bahwa kedua tim kalah dengan skor identik maka peraturan `fair play`, aturan tambahan penentuan kemenangan yang dibawa FIFA untuk Rusia 2018, juga diperlukan untuk memutuskan negara mana yang akan melaju ke babak 16 besar.

Kedua tim kawasan Iberian itu memiliki empat poin dari dua pertandingan pertama mereka, menjelang Portugal melawan Iran.

Maroko, yang akan menghadapi Spanyol pada saat yang sama pada Senin, sudah pasti tersingkir, setelah kalah dalam dua pertandingan mereka sejauh ini.

Setelah bermain imbang 3-3 dalam laga pembuka Piala Dunia mereka, Spanyol dan Portugal keduanya mengamankan kemenangan 1-0 atas Iran dan Maroko, masing-masing untuk masuk ke pertandingan grup ketiga dengan jumlah poin yang sama, selisih gol dan gol yang dicetak.

Saat pertandingan diantara mereka berakhir seri, semua penentuan kemenangan yang terkait dengan pertandingan itu menjadi tidak relevan.

Jika ini tetap terjadi setelah pertandingan final, maka catatan fair play tim akan digunakan.

Spanyol saat ini memuncaki Grup B karena karena mereka memiliki catatan disiplin yang lebih baik, dengan hanya satu kartu kuning dari dua pertandingan pertama mereka.

Portugal, berkat kartu kuning di menit ke-92 yang diberikan kepada Adrian Silva saat melawan Iran, memiliki dua kasus.

Karena itu, serta untuk mencari siapa juara grup yang akan mengamankan tiket ke babak 16 besar, tim Spanyol dan Portugal juga harus menjaga agar mereka tetap tenang dan tidak menambah jumlah kartu mereka.

Di bawah sistem fair play FIFA, kartu kuning dianggap minus satu poin, sementara kartu merah tidak langsung minus tiga. Kartu merah langsung akan dikenakan pengurangan kepada tim empat poin.

Jika dalam kejadian yang luar biasa dimana kedua tim juga finis dengan catatan disiplin yang identik, maka FIFA akan melakukan undian untuk memutuskan posisi tim dan, berpotensi, diterapkan untuk masa depan Piala Dunia mereka.

Antara melaporkan, pada tahun 1990, Belanda dan Irlandia juga diputuskan untuk memperebutkan tempat kedua di grup mereka dengan catatan yang identik sehingga pengundian dilakukan untuk menentukan siapa yang akan maju di urutan kedua dan siapa yang akan lolos sebagai kualifikasi tempat ketiga teratas.

Dari hasil undian, Belanda di tempat kedua dan Irlandia diberi peringkat ketiga. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto