logo

Lima Wilyah Jakarta Gelar Festival Jelang Obor Asian Games XVIII

Lima Wilyah Jakarta Gelar Festival Jelang Obor Asian Games XVIII

Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno
24 Juni 2018 06:54 WIB

Penulis : Yon Parjiyono

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Festival Jelang Obor Asian Games XVIII, Agustus nanti.

Festival tersebut akan diselenggarakan di lima wilayah kota serta Kabupaten Kepulauan Seribu yang meliputi 44 kecamatan dan 267 kelurahan pada 1-15 Juli 2018.

Melalui tema "Mengajak Masyarakat Jakarta Menyambut dan Memeriahkan Asian Games Tahun 2018", festival di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan dimulai pada 1 Juli 2018.

Selanjutnya, di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat mulai 8 Juli 2018, serta di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada 15 Juli 2018.

Wakil Gubernur DKI JakartaSandiaga Uno menuturkan, kegiatan ini menjadi salah satu sarana promosi dan sosialisasi Asian Games yang akan berlangsung pada Agustus mendatang

. "Kita ingin demam Asian Games bisa dirasakan di seluruh wilayah DKI Jakarta serta wilayah lain di Indonesia," kata Sandi, saat acara konferensi pers Festival Jelang Obor Asian Games Tahun 2018, di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (23/6/2018).

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan festival akan ada replika obor yang dibawa berlari di setiap kelurahan oleh enam regu pelari.

Selain atlet, pelari pengiring pembawa obor akan melibatkan tokoh masyarakat, warga berprestasi, serta pelajar.

"Festival ini bersifat partisipatif kolaboratif sebagaimana diinginkan Pak Gubernur. Kita adalah kolaborator dari masyarakat yang akan menjadi bagian dari Asian Games Tahun 2018," katanya.

Sandi menambahkan, Asian Games merupakan event besar berskala internasional yang dapat menjadi kesempatan untuk mempromosikan sektor pariwisata.

Selain itu, pesta olahraga se-Asia tersebut juga dapat menumbuhkan perekonomian. "Kami memperkirakan akan terbuka 45 ribu lapangan kerja melalui penyelenggaraan Asian Games," katanya menambahkan.

Editor : Yon Parjiyono