logo

Dibuka Presiden Jokowi, PKB 2018 Langsung "Nendang"

Dibuka Presiden Jokowi, PKB 2018 Langsung

24 Juni 2018 06:00 WIB

Penulis : Syamsudin Walad

SuaraKarya.id - DENPASAR: Pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) di  Lapangan Renon, Denpasar, Bali, Sabtu (23/6), membuat Presiden Joko Widodo happy. Dia terlihat makin yakin. Makin pede. Bali akan terus menjadi destinasi kelas dunia. 

“Dengan membaca bismillahhirahhmanirrahim, PKB dengan ini resmi kami buka," kata Jokowi yang memakai baju adat Bali, Sabtu (23/6).

Mimpi besarnya, even berbasis budaya itu akan terus berlanjut. Terus jalan. Terus lestari. Maklum, Bali punya atraksi alam yang sangat kuat. Levelnya sudah dunia, dan tidak perlu diragukan lagi. Ada Kuta, Uluwatu, Monkey Forest, Tanjung Benoa, Pantai Padang Padang, sampai Pura Tanah Lot. Dan semuanya selalu masuk list top 10 destinasi wisata dunia. 

Daya pikatnya tinggi. Tokoh-tokoh sekelas Marilyn Monroe, Charlie Caplin, Paris Hilton, Julia Roberts, Katy Perry, Christina Aguilera, Aston Kutcher, Justin Bieber, Jennifer Lopez, Nicole Kidman, David Beckham, Victoria Beckham, Cristiano Ronaldo, Richard Gere, Raja Salman sampai Barrack Obama pernah berlibur ke Pulau Dewata. 

Kulinernya? Jangan ditanya lagi. Dua restoran yang masuk jajaran terbaik dunia ada di Bali. Sebut saja Restaurant Locavore Ubud dan Swept Away at The Samaya Ubud. Kedua restoran itu termasuk ke dalam 10 Best Fine Dining Restaurants versi Travelers Choice Awards 2016. 

Itu belum termasuk pesona culture-nya. PKB contohnya. Kendaraan hias yang dinaiki Presiden saja sudah punya cerita panjang dan seru untuk diceritakan. Konsepnya bale tinggi khas puri zaman dulu. Tingginya 5,5 meter. Sementara panjang keseluruhan mobil hias Presiden mencapai 7,5 meter. Melalui bale tinggi tersebut, Presiden tak henti-hentinya membagikan makanan khas Bali kepada pengunjung.  

Pengunjung juga terlihat antusias saat melihat Presiden di atas kendaraan hias yang sangat eye catching. Sangat Instagramable. Semuanya terlihat happy menyaksikan Pepalihan dan ornamen Bali di kendaraan hias Presiden. 

Peserta pawai budayanya punya cerita lain lagi. Atraksi penari Bali, Barong, gamelan, semuanya keren. Belum lagi suguhan beragam tetabuhan di atas kendaraan hias bak Karnaval Bunga Pasadena di Amerika Serikat. Juga konvoi budaya dari Papua, Timor Leste, hingga China. Semua tak pernah putus unjuk kebolehan selama tiga jam. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri PUPERA Basuki Hadimoeljono hingga Gubernur Bali Mangku Pastika yang hadir di tengah acara sampai ikutan senyum melihat atraksi yang keren-keren tadi.

Menpar Arief Yahya pun ikutan happy. Dia tak segan melayangkan apresiasi tinggi kepada Presiden Jokowi yang telah membuka PKB 2018. 

"Keberadaan Presiden di Bali sudah bercerita banyak. Terimakasih pak Presiden. Bagi yang belum sempat nonton, masih ada waktu hingga 21 Juli 2018. Silakan berwisata ke Bali. Rasakan ekosistem Pariwisata Bali yang semakin perfect sebagai destinasi dunia," kata dia. 

Editor : Dwi Putro Agus Asianto