logo

Piala Dunia: Jelang Pembukaan, Keamanan Diperketat

Piala Dunia: Jelang Pembukaan, Keamanan Diperketat

Stadion Luzhniki, Moskow, tempat acara pembukaan digunakan oleh tim peserta Piala Dunia untuk latihan dengan pengamanan yang super ketat. (Foto: Ist).
14 Juni 2018 04:29 WIB

Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - MOSKOW: Pesta olahraga sepakbola terakbar Piala Dunia tinggal menghitung jam. Ratusan mata akan terpusat ke Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, tempat acara pembukaan digelar. Pengamanan menjelang pembukaan pun diperketat sedemikian rupa.

Petugas keamanan terlihat bersiaga di setiap sudut stadion. Kendati demikian, pengamanan tersebut efisien dan cukup lancar bagi orang-orang yang memiliki akreditasi serta berkepentingan untuk berada di kawasan Stadion Luzhniki.

Seperti dikutip dari Antara News yang menyambangi Stadion Luzhniki Rabu (13/6/2018), untuk keperluan mengurus akreditasi dan taksi yang ditumpangi dihadang keamanan untuk diperiksa dan ditanya tujuannya.

Ketika dijelaskan sembari menyodorkan surat persetujuan dari FIFA, petugas pun langsung memberikan jalan bahkan menunjukkan arah yang harus dituju dan itu di luar pagar stadion.

Begitu pula ketika sudah mendapatkan ID-card, para jurnalis untuk masuk gerbang stadion pun mendapatkan pemeriksaan.

Pertama dari petugas jaga yang menanyakan ID-card, jika tidak memiliki ia memberikan tanda kedua tangannya disilangkan membentuk huruf X. Sebaliknya, ketika memiliki langsung mengarahkan ke dalam. Namun, di dalam telah banyak petugas dengan menyiapkan sinar X, laiknya di bandara.
Semua tas hingga atribut lainnya harus masuk dalam lorong itu. Bahkan orangnya pun diperiksa melebihi pemeriksaan di bandara, dari ujung kepala jika bertopi harus dilepas hingga kaus kaki.

Sejumlah jurnalis dari beberapa negara mengakui pemeriksaan itu cukup ketat tetapi lancar dan mereka mengakui senang karena cukup menjamin keamanan. ***