logo

Piala Dunia 2018: Keputusan Berani, Spanyol Pecat Pelatih Dua Hari Jelang Perang

Piala Dunia 2018: Keputusan Berani, Spanyol Pecat Pelatih Dua Hari Jelang Perang

13 Juni 2018 20:39 WIB

Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MADRID: Spanyol mengambil keputusan berani dalam waktu yang begitu mepet sebelum Piala Dunia 2018 digelar di Rusia. Mantan juara dunia ini memecat pelatih kepala Julen Lopetegui setelah dia diangkat sebagai bos baru Real Madrid, dua hari sebelum pertandingan pembukaan Piala Dunia melawan Portugal.

Real Madrid mengumumkan, Selasa, Lopetegui akan menggantikan Zinedine Zidane di Bernabeu dengan kontrak tiga tahun.

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) mengatakan, pihaknya telah memecat pelatih berusia 51 tahun itu karena negosiasi itu terjadi tanpa informasi apa pun kepada RFEF.

Direktur olahraga Spanyol Fernando Hierro akan mengambil alih untuk Piala Dunia. Mantan pemain Real Madrid dan Bolton Wanderers berada di mantra kedua sebagai direktur olahraga, setelah kembali ke peran pada November 2017, enam tahun setelah meninggalkan posisi.

Presiden RFEF Luis Rubiales, yang diberitahu tentang peran baru Lopetegui dengan Real lima menit sebelum diumumkan, mengatakan dia mendapati dirinya dalam situasi yang sangat sulit.

"Saya tahu akan ada kritik apa pun yang saya lakukan," katanya seperti dilaporkan bbc.com. "Saya yakin ini akan, pada waktunya, membuat kita lebih kuat. Saya sangat mengagumi Julen, saya sangat menghormatinya. Dia tampaknya pelatih top dan yang membuatnya lebih sulit untuk membuat keputusan."

"Kamu tidak bisa melakukan hal-hal seperti ini, dua atau tiga hari sebelum Piala Dunia. Kami telah dipaksa untuk membuat keputusan ini."

Lopetegui menjadi manajer Spanyol pada tahun 2016 setelah Vicente del Bosque pensiun, dan tetap tak terkalahkan selama masa tugasnya. Spanyol memenangkan 14 dari 20 pertandingan dengan Lopetegui yang bertanggung jawab, imbang enam sisanya.

Menurut laporan di Spanyol, Rubiales marah ketika dia menemukan Lopetegui telah menyetujui kesepakatan dengan Madrid. Dia meninggalkan pertemuan Kongres FIFA di Moskow awal untuk kembali ke markas Spanyol di Krasnodar.

Telah diklaim pemain senior - termasuk kapten Sergio Ramos - berjuang agar Lopetegui tetap berkuasa selama Piala Dunia.

Spanyol memulai kampanye Piala Dunia mereka melawan Portugal pada hari Jumat. ***