logo

Piala Dunia 2026: Maroko Lima Kali Sial, Karena KKN?

Piala Dunia 2026: Maroko Lima Kali Sial, Karena KKN?

13 Juni 2018 22:25 WIB

Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MOSKWA: Maroko kembali gagal mewujudkan impiannya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2026 saat Kongres FIFA di Moskwa, Rusia, Rabu (13/6/2018), Maroko dikalahkan oleh Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko yang maju sebagai tuan rumah bersama.

Ini untuk kelima kalinya Maroko berjuang. Namun untuk kelima kalinya negara dari Benua Afrika itu terbuang. Akankah Maroko mungkin ditakdirkan  tidak pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Tawaran Maroko menghadapi perhatian yang tidak diinginkan ketika sekretaris jenderal FIFA Fatma Samoura menjadi subjek penyelidikan terhadap dugaan konflik kepentingan.

Anggota gugus tugas evaluasi Piala Dunia FIFA mengatakan dia memiliki hubungan keluarga yang tidak dideklarasikan dengan Ketua Tim Sukses Maroko 2026  El Hadji Diouf.

Dia dibebaskan dari kesalahan dan menepis klaim sebagai menggelikan dan tidak beruntung.

Kekuatan tugas evaluasi yang sama kemudian menyatakan keprihatinan atas stadion, ketersediaan akomodasi, dan jaringan perjalanan, meskipun meratifikasi proposal mereka.

Sembilan dari 14 stadion yang termasuk dalam penawaran Maroko belum dibangun, sementara lima lainnya membutuhkan renovasi atau peningkatan yang signifikan.

Tapi kepala penawaran Hicham el Amrani mengatakan dia yakin infrastruktur negara itu bisa mengantarkan dan membuat permainan posisi negara Afrika Utara, sembilan mil dari ujung selatan Spanyol - menjuluki itu sebagai Piala Dunia "Eropa". ***