logo

Piala Dunia 2026: Reaksi Terpilihnya Kanada, AS Dan Meksiko

Piala Dunia 2026: Reaksi Terpilihnya Kanada, AS Dan Meksiko

13 Juni 2018 22:14 WIB

Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - MOSKWA: Berbagai reaksi muncul setelah tiga negara Kanada, Amerika Serikat Dan Meksiko terpilih sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2026. Negara Benua Amerika itu mengalahkan Maroko dalam pemungutan suara pada Kongres FIFA di Moskwa, Rusia, Rabu (13/6/2018).

Presiden Sepakbola AS Carlos Cordeiro  seperti dilansir bbc.com mengatakan, menyelenggarakan Piala Dunia FIFA 2026 merupakan momen langka dan penting untuk menunjukkan, semua benar-benar bersatu melalui olahraga.

"Kami merasa rendah hati dengan kepercayaan rekan-rekan kami di keluarga FIFA telah dimasukkan ke dalam upaya kami, diperkuat oleh persatuan antara tiga negara kami dan wilayah Concacaf dan gembira dengan peluang yang kami miliki untuk menempatkan sepakbola di jalur baru dan berkelanjutan untuk generasi ke generasi datang," kata Cordeiro.

Presiden Federasi Sepakbola Maroko, Fouzi Lekjaa mengucapkan selamat kepada FIFA atas pelaksanaan proses ini dan mengucapkan selamat kepada presiden atas apa yang telah dilakukannya untuk memindahkan hal-hal ke arah transparansi dan inklusi lebih banyak.

"Saya ingin menegaskan kembali tekad negara saya untuk terus bekerja untuk sepakbola dan mewujudkan satu hari impian kami untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia di Maroko," ucapnya.

The Football Association (FA) juga  mengucapkan selamat kepada Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko atas sukses memenangkan pemilihan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2026. Disebutkan,  tawaran dari dua pihak berkualitas sangat tinggi. Pihaknya  menyambut baik kenyataan bahwa proses penawaran terbuka dan transparan .

"Kami memberikan suara kami untuk tawaran 'Serikat' karena kami percaya penilaian teknis independen membuat keuntungannya sangat jelas. Namun, penting untuk dicatat bahwa kedua tawaran dianggap telah memenuhi persyaratan hosting dan turnamen di Maroko, dekat dengan Eropa dan di negara yang mencintai sepakbola, memiliki banyak penggemar sepakbola Inggris untuk menjadi bersemangat" ***