logo

UNS Siap Kelola Hutan Bromo Untuk Pendidikan Dan Pelatihan

UNS Siap Kelola Hutan Bromo Untuk Pendidikan Dan Pelatihan

Wakil Rektor IV UNS, Prof Dr Widodo Muktiyo,
25 Mei 2018 20:35 WIB

Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah mendapatkan hak mengelola kawasan hutan Bromo, Karanganyar, Jawa Tengah untuk tujuan pendidikan dan pelatihan. Hak pengelolaan itu diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MLHK) berdasarkan Surat Keputusan (SK) No. 177/MENLHK/SETJEN/PLA.0/4/2018 Tentang Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK).

"Luas hutan mencapai 122,78 hektar. Bagi kami ini kehormatan mendapatkan hak mengelola hutan Bromo untuk pendidikan dan pelatihan. Prosesnya panjang sebelum SK turun," kata Wakil Rektor IV UNS, Prof Dr Widodo Muktiyo, Jumat (25/5/2018).

Setelah mendapatkan SK, UNS menyiapkan langkah dengan berkoordinasi dengan Badan Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Yogyakarta. Hal itu dibutuhkan untuk membuat tata batas kawasan hutan yang akan menjadi dasar bagi UNS untuk memanfaatkan kawasan hutan untuk pendidikan dan pelatihan. Hutan Bromo tersebut juga akan dijadikan laboratorium bagi mahasiswa dan dosen.

"Selain itu dari hasil pembicaraan antara Menteri KLH dengan Rektor, UNS akan membuka dua program studi baru terkait lingkungan dan kehutanan," katanya lagi.

Selain untuk kebutuhan pendidikan dan pelatihan, hutan Bromo di Karanganyar tersebut nantinya juga akan dikelola untuk tujuan pariwisata. Menurut Widodo, di kawasan tersebut terdapat embung yang bisa dikembangkan sebagai obyek wisata.

"Untuk teknis pengelolaanya akan dibentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT)," kata Widodo yang juga Ketua Pengembangan UNS itu. ***

Editor : Pudja Rukmana