logo

Jelang Pilgub Jabar, DPT Warga Binaan Lapas Kelas III Bekasi Sebanyak 746 Orang

Jelang Pilgub Jabar, DPT Warga Binaan Lapas Kelas III Bekasi Sebanyak 746 Orang

Ilustrasi
22 Mei 2018 10:17 WIB

Penulis : Muhajir Aji

SuaraKarya.id -  CIKARANG: Sebanyak 697 warga binaan Lapas Kelas III Bekasi akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilgub Jawa Barat pada 27 Juni 2018.

"Semula warga binaan yang terdafar di DPT ada 746 orang, namun setelah di data kembali ada 697 orang. Dikarenakan 49 orang sudah bebas," ungkap Kepala Lapas Kelas III Bekasi Kadek Anton Budhiarta di Cikarang, Senin (21/5/2018).

Kadek mengatakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) ini merupakan hasil pendataan coklit yang dilakukan oleh KPU setempat. Hingga akhir penetapan DPT tersebut ada sebanyak 746 orang yang berdomisili di Jawa Barat.

Kadek menambahkan, perubahan data DPT masih bisa berubah hingga hari H. Dikarenakan warga binaan yang keluar masuk masih sangat tinggi di Lapas Cikarang. Terlebih pada persoalan kepemilikan E-KTP oleh warga binaan yang masih sedikit

Namun begitu, Lapas Cikarang terus berkomunikasi dengan KPU bagaimana cara mengatasinya.
Lapas Cikatang telah memberikan solusi terkait update data (Warga binaan) setiap hari Jumat. Diusulan kepada KPU yang kemudian diteruskan ke Disdukcapil setempat.

"Kebanyakan warga binaan kami tidak memiliki KTP elektronik. Nanti caranya, KPU akan memfasilitasi berkomunikasi dengan Disdukcapil agar dapat mengeluarkan surat keterangan (Suket). Sehingga warga binaan dapat menggunakan hak pilihnya," harapan Kadek.

Diketahui, dari 1.552 warga binaan yang tinggal di Lapas Kelas III Bekasi, 1.081 diantaranya merupakan warga Jawa Barat, termasuk didalamnya warga Kabupaten Bekasi sebanyak 467 orang. Dari 1.081 warga Jawa Barat itu hanya 371 warga Jawa Barat yang sudah melakukan perekaman E-KTP, sisanya yakni sebanyak 710 orang.Dharma***.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto