logo

Erupsi Lagi, Gunung Kilauea Diprediksi Akan Meletus

Erupsi Lagi, Gunung Kilauea Diprediksi Akan Meletus

Erupsi Gunung Kilauea, diprediksi akan meletus. (ist)
16 Mei 2018 11:21 WIB

Penulis : Laksito Adi Darmono

SuaraKarya.id - HONOLULU: Gunung api Kilauea di Hawaii, Amerika Serikat, Selasa (15/5/2018) kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik.

Erupsi mendorong pihak berwenang memberi peringatan mengenai buruknya kualitas udara dan kemungkinan letusan yang lebih besar.

Lembaga pertahanan sipil Hawaii menyebut, batu-batu berjatuhan dan bunyi ledakan dari salah satu rekahan di gunung Kilauea menyebabkan erupsi abu vulkanik yang diterpa angin ke arah barat daya.

Otoritas Hawaii menyatakan, awan abu mencapai ketinggian sekitar 3.000 - 3.600 meter sehingga harus mengeluarkan peringatan merah.

Penduduk mendapat peringatan mengenai abu yang dapat menganggu pernapasan. Pihak berwenang juga mendesak agar warga menghindari paparan abu dan mengemudi dengan hati-hati.

"Peringatan merah berarti bahaya bagi kesehatan sehingga harus melakukan tindakan untuk mengatasi dampak yang timbul," ujar otoritas Hawaii dalam sebuah pernyataan.

"Abu dapat menyebabkan tersedak dan kesulitan bernapas," ujarnya.

Sejauh ini, sudah ada 40 rumah dan bangunan lainnya yang hancur terkena lava yang dimuntahkan oleh gunung Kilauea di Big Island, Hawaii.

Ilmuwan menilai, lava bakal terus menuruni kawah sehingga lebih banyak celah yang akan terbuka di tanah. Para ahli juga telah memperingatkan kemungkinan letusan besar menyusul erupsi kali ini.

Kilauea merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan satu dari lima gunung aktif yang berada di pulau tersebut. ***