logo

Lagi, Seorang Kepala Daerah Dan Keluarganya Terjaring OTT KPK

Lagi, Seorang Kepala Daerah Dan Keluarganya Terjaring OTT KPK

Foto: Istimewa
16 Mei 2018 08:50 WIB

Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Sehari menjelang bulan Ramadhan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang kepala daerah bersama beberapa orang lainnya termasuk anggota keluarga dan pihak swasta di Bengkulu Selatan, Selasa (15/5/2018) sekitar pukul 18.00 WIB.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, beberapa orang di daerah Bengkulu, termasuk kepala daerah dan swasta yang terjaring OTT  sudah diamankan. Dari hasil cross check informasi masyarakat, KPK menduga transaksi sudah terjadi. 

Kapolres Bengkulu Selatan AKBP Rudi Purnomo sebelumnya membenarkan bahwa salah satu yang ditangkap KPK adalah Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud.

Saat ini, menurut Rudi, Dirwan Mahmud dibawa ke Mapolda Bengkulu. Namun, KPK belum memberi pernyataan resmi mengenai OTT pada Selasa malam ini.

Febri membenarkan, tercatat empat orang sudah diamankan bersama tim. "Ada kepala daerah atau bupati dan keluarga bupati yang ikut diamankan," ujar Febri saat dikonfirmasi, Selasa (15/5/2018) malam.

Febri mengatakan, selain bupati, istri sang bupati juga ditangkap KPK saat bersamaan. Kemudian, ada juga pihak swasta dan pegawai negeri sipil (PNS).

Dalam operasi tersebut tim KPK mengamankan uang sekitar Rp100 juta yang diduga sebagai fee atas sebuah proyek di daerah  tersebut. Dugaan sementara, penyuapan terhadap penyelenggara negara terkait  salah satu proyek yang dikerjakan pemerintah kabupaten.

Kader Perindo?

Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq membenarkan bahwa Dirwan Mahmud adalah salah satu kader partainya.

Namun, Partai Perindo belum bisa memastikan informasi yang beredar soal penangkapan KPK. Perindo sendiri  hingga kini masih berupaya menelusuri informasi yang akurat mengenai penangkapan tersebut.

"Sedang menunggu info lengkapnya. Masih simpang siur peristiwanya," ujar Rofiq saat dikonfirmasi, Selasa (15/5/2018) malam seperti dikutip dari TribunTimur.com. ***

Editor : Laksito Adi Darmono