logo

Gogon Srimulat Meninggal Di Lampung, Diduga Sakit Jantung

Gogon Srimulat Meninggal Di Lampung, Diduga Sakit Jantung

Foto: Istimewa
15 Mei 2018 11:36 WIB

Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Giliran dunia lawak Indonesia berduka. Gogon Srimulat dikabarkan meninggal dunia, Selasa (15/5/2018) pukul 05.00 WIB di RS Kota Bumi Lampung. Gogon meninggal di Lampung karena sedang ada job bersama Didi Kempot di kota tersebut. 

"Telah meninggal dunia kawan kita pelawak Gogon Margono Srimulat tadi pagi jam 05.00 di rumah sakit Kota Bumi, Lampung," kata Tarzan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/5/2018) pagi.

Ia mengaku mendapat kabar duka tersebut dari Kadir, rekan sesama pelawak, kawan dekat Gogon. Dari Kadir pula, Tarzan mengetahui kalau jenazah Almarhum langsung dibawa ke Solo oleh Didik Kempot dengan pesawat udara, hari ini.

Gogon sendiri mendengar kabar duka itu karena ditelepon oleh anak Gogon di Lampung kalau sang ayah meninggal dunia di Lampung. "Insya Allah nanti jam 10 dibawa sama Didi Kempot ke Solo naik pesawat," ujar Kadir seperti ditirukan Tarzan.

Gogon menghembuskan nafas terakhir diduga karena penyakit jantung yang ia alami selama ini.  Karena, memang, Gogon sebenarnya memiliki riwayat penyakit jantung, namun ia tak mau operasi. Setiap kali disuruh ke rumah sakit, pria kelahiran 31 Desember 1960 ini selalu menolaknya. 

"Udah pernah periksa, dinyatakan jantung ada penyumbatan. Kalau penyumbatan itu tidak cepet-cepet dipasang ring (cincin), bisa rusak otot jantungnya. Larinya ke jantungnya. Nah, dia nggak mau dipasang ring. Nggak tahu karena apa," papar Kadir mengenang sang sahabat, seperti dilansir Kapanlagi.com.

Meninggalnya pelawak berjambul ini saat ia sedang di Lampung untuk sebuah pekerjaan bersama Didi Kempot. Gogon yang didamping anaknya ini tiba-tiba pingsan di hotel. Sang anak pun langsung berinisiatif memanggil Didi Kempot yang juga berada di hotel yang sama.

"Papa pingsan, katanya. Diajak ngomong diem aja, lemes. Akhirnya Didi Kempot inisiatif bawa ke rumah sakit. Dipanggilkan ambulan," ujar Kadir menceritakan saat ditelepon anak Gogon.

Usai mengantarkan Gogon ke rumah sakit, Didi Kempot mengira Gogon hanya pingsan biasa dan segera bisa tertangani sakitnya. Ia pun meminta asistennya menemani Gogon dan anaknya. Pasalnya Didi harus mengejar pesawat pagi. Namun sayang, sesampainya Didi di bandara, ia menerima kabar duka kematian Gogon.

"Akhirnya dia batalkan berangkat pagi. Mundur jam 10 nanti sekalian almarhum Gogon dibawa ke Solo," kata Kadir lebih lanjut.

Dari Lampung, jenazah akan disemayamkan dulu ke rumah duka di Solo sambil menunggu sanak keluarganya berkumpul memberi penghormatan terakhir. Kemungkinan jenazah akan dimakamkan sore hari ini di kampung halamannya.

Gogon merupakan salah satu anggota Srimulat yang dikenal dengan gaya rambut jambul khasnya. Ia memulai karier di dunia lawak pada 1980. 

Dalam meniti kariernya, Gogon pernah tersandung masalah hukum pada 2007 atas tuduhan penggunaan narkoba. 

Di dunia sinema, Gogon pernah membintangi sebuah film bertajuk 'Finding Srimulat' (2013) yang dibintangi Reza Rahadian dan Rianti Cartwright.

Ikut berduka cita atas kepergian Mas Gogon. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan. ***