logo

Ichsan Firdaus: Duo DM Adalah Cerminan Masyarakat Jabar

Ichsan Firdaus: Duo DM Adalah Cerminan Masyarakat Jabar

Ichsan Firdaus
16 April 2018 19:00 WIB

Penulis : Agung Elang

SuaraKarya.id - JAKARTA: Politisi muda Partai Golkar dari Dapil Jawa Barat V Ichsan Firdaus mengutarakan, keyakinannya terhadap paslon  Duo DM Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi akan memenangkan Pilkada Jawa Barat.

Menurutnya, Duo DM ini sangat mencerminkan Jabar apalagi Deddy Mizwar memiliki basis yang kuat di masyarakat urban, dan Dedi Mulyadi sangat menyentuh untuk daerah rural (masyarakat pedesaan).

Selain itu, Duo DM ini didukung oleh mesin politik yang sangat baik dan insfrastruktur partai yang berjalan dengan semestinya.

Berikut adalah petikan wawancara wartawan Suarakarya.id dengan Wakil Ketua Komisi IX Ichsan Firdaus, di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Suarakarya.id: Jelang Pilgub Jabar, 27 Juni mendatang, paslon Duo Dedi mempunyai elektabilitas yang  semakin menanjak. Sebagai kader Golkar yang mengusung, bagaimana agar elektabilitas mereka semakin meningkat?

Ichsan Firdaus: Elektabilitas yang terus naik ini, membuktikan bahwa mesin politik paslon berjalan dengan baik, termasuk partai Golkar. Infrastruktur partai Golkar di Jabar memang bagus, tinggal menggerakkan. Sekarang sudah dibuktikan, tinggal perlu terus diakselerasi lebih cepat lagi.

Suarakarya.id: Selain itu, langkah apa lagi yang harus dipakai agar Golkar bisa menang dalam pilkada Jabar ?

Ichsan: Pertama, mengawal teritorial di masing-masing wilayah. Kami di DPR, DPRD prov dan kab/kota membagi tugas sesuai dengan wilayahnya, karena wilayah Jabar sangat luas dan punya karakter yang berbeda tiap wilayahnya

Kedua, memperkuat wilayah yg masih lemah sesuai dgn peta politik kami pegang dengan intervensi khusus tentunya.

Suarakarya.id: Andal sendiri melihat peluang duo Dedi ini seperti apa ? Apakah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh masyarakat jabar ?

Ichsan: Saya pernah bilang ke suara karya.id 2 bulan lalu kan, kalo peluang 2DM ini besar, karena duet ini mencerminkan Jawa Barat. Deddy Mizwar memiliki basis yang kuat di masyarakat urban, dan Dedi Mulyadi sangat menyentuh untuk daerah rural, tema kampanyenya mencerminkan keinginan masyarakat Jabar.

Dengan didukung oleh infrastruktur yang kuat, Insya Allah duet 2DM ini memenangkan pertarungan pilkada Jabar ini.

Suarakarya.id: Ada upaya kampanye hitam dengan menyudutkan Dedi Mulyadi dengan dugaan kasus korupsi. Tanggapan Anda seperti apa?

Ichsan: Dalam setiap pilkada, bagi paslon yang punya elektabilitas kuat, selalu jadi sasaran black campaign seperti itu. Artinya pasangan 2DM dianggap sebagai paslon yang kuat, kami berharap pilkada ini harus lebih mengedepankan gagasan tentang pembangunan Jabar yang lebih baik, bukan mengedepankan black campaign seperti itu.

Saya berharap penyelenggara pilkada seperti KPUD dan Bawaslu prov untuk mengatur kampanye dgn baik dan menindak tegas berita2 yg tidak jelas alias hoax.

Duet 2DM, jika dilihat materi-materi kampanyenya, selalu ke depankan gagasan tentang pembangunan Jabar yang lebih baik, seperti pmbangunan dari desa, keseimbangan pembangunan Jabar dari Utara ke Selatan, dsb.

Duet DM menawarkan gagasan prmbangunan jabar yg lebih produktif dan merata

Suarakarya.id: Sebagai kader pengusung, Sosialisasi apa saja yang anda sudah jalankan selama ini?

Ichsan: Di wilayah saya dapil V, memperkuat infrastruktur mulai dari jaringan struktur partai Golkar sampai tingkat bawah, juga menggerakkan jaringan relawan. Kebetulan di Kabupaten Bogor, bersaman dengan pilkada Kabupaten Bogor.

Sekaligus menggalang para tokoh agama dan tokoh masyarakat sbg opinion leader di masing-masing wilayah ya.

Suarakarya.id: Sosok pak Demul dimata anda?

Ichsan: Beliau lahir dari kampung di pelosok Jawa Barat, matang sebagai aktifis dan politisi yang merangkak dari bawah. Beliau memimpin purwakarta 2 periode dengan konsep membangun dari desa.

Sehingga beliau mengetahui persis apa yang dibutuhkan masyarakat jabar dengan bahasa-bahasa yang mudah dipahami oleh orang Jabar khususnya di masyarakat rural atau pedesaan.

Suarakarya.id: Kalau pak Deddy Mizwar sosok seperti apa dimata anda ?

Ichsan: Beliau tokoh populer, religius dan sosok pengayom, pengalaman 5 tahun sebagai Wagub, diharapkan mampu melanjutkan pembangunan Jabar yang lebih baik. Jabar adalah provinsi terpadat di Indonesia, dengan karakter wilayah yang berbeda dan ciri khas masing-masing. Jabar membutuhkan pengayom dan pemersatu. ***

Editor : Laksito Adi Darmono