logo

Dinkes Kota Bekasi Ajak Para Ibu Tumbuhkan Kesadaran

Dinkes Kota Bekasi Ajak Para Ibu Tumbuhkan Kesadaran

Dinas Kesehatan Kota Bekasi terus menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat khususnya para Ibu. Salah satunya, dengan mengadakan lomba Balita Sehat 2018, yang berlangsung di Gedung Graha Wulan Sari, Kota Bekasi, Jawa Barat.
14 Maret 2018 19:55 WIB

Penulis : Muhajir Aji

SuaraKarya.id -  KOTA BEKASI: Dinas Kesehatan Kota Bekasi terus menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat khususnya para Ibu. Salah satunya, dengan mengadakan lomba Balita Sehat 2018, yang berlangsung di Gedung Graha Wulan Sari, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Kegiatan yang bertemakan "Cegah Stunting (Balita Pendek) Melalui Kemandirian Keluarga Dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan" ini melibatkan sejumlah balita yang mewakili tingkat kecamatan.

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan, sekaligus juga rangkaian dari perayaan HUT Kota Bekasi ke 21 tahun" kata Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Bekasi, Dr.Vevi Herawati kepada suarakarya.id,  baru-baru ini.

Dijelaskan, lomba balita sehat ini melalui seleksi ditingkat kelurahan hingga kecamatan. Adapun kategori balita dibagi menjadi dua yakni, usia 6-23 bulan dan 24-59 bulan.

"Untuk penilaiannya berupa administrasi, gizi, berat badan, usia, pemeriksaan fisik, dan psikologi," katanya.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Kota Bekasi, Rosmawati mengatakan lomba balita sehat bertujuan untuk menstimulan dan mendorong para ibu agar dapat mem-follow up anak sesuai dengan standar kesehatan, baik menyusui hingga 2 tahun maupun pemberian makanan tambahan.

"Kegiatan ini di danai oleh APBD Kota Bekasi," ujarnya.

Adapun juri-juri dalam lomba balita sehat ini terintegrasi dari SKPD lainnya, seperti dokter  dari RSUD untuk juri fisik dan status gizi. Sementara itu, juri untuk psikologi dari Ibu-ibu PKK, dan pola pengembangan dari juri DPPA dan DPPKB. (adv)

Editor : B Sadono Priyo