logo

Meski Juara Di Jenesys, Fachri Husaini Benahi Kelemahan Timnas U 16

Meski Juara Di Jenesys, Fachri Husaini Benahi Kelemahan Timnas U 16

14 Maret 2018 19:02 WIB

Penulis : Azhari Nasution

SuaraKarya.id - JAKARTA: Meski sukses menjuarai turnamen Jenesys di Jepang, Tim Nasional U-16 Indonesia masih memiliki beberapa pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan. Para pemain Timnas U-16 juga tidak boleh jumawa karena target besar mereka ada di dua turnamen penting Piala AFF U-16 di Indonesia dan Piala AFC U-16 di Malaysia.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini mengaku sudah memiliki catatan beberapa aspek yang harus dia benahi. Hal pertama menurut Fakhri aspek kekuatan fisik dan stamina. "Anak-anak masih lemah, hal ini terlihat terutama saat lawan Jepang,” kata Fakhri.

Aspek kedua Athletic Ability dimana beberapa pemain juga perlu perbaikan serta ditingkatkan. Yang terakhir adalah Finishing Touch, terutama striker, yang masih lemah. Di luar itu, pelatih berdarah Aceh ini memberikan pujian kepada para pemainnya karena sudah memperagakan permainan yang sesuai dengan harapannya. “Pemain melakukan hal positif, diluar catatan evaluasi yang sudah saya sebutkan diatas,” katanya.

Menurut Fakhri, pemainnya sudah sangat mengerti dan memahami strategi dan taktik yang diinstruksikan pelatih. Proses sejumlah gol terjadi karena skema permainan yang rapi. Para pemain juga cukup taktis dalam penguasaan bola.

“Untuk aerobic endurance dan kecepatan baik sekali. Koordinasi lini belakang dengan penjaga gawang sudah banyak kemajuan. Empat gol (seharusnya lima, jika gol kedua saat melawan Jepang tidak dianggap offside) berasal dari set piece. Mental bertanding, disiplin, kerjasama tim, keberanian, koordinasi dan komunikasi juga bagus,” jelasnya.

Untuk membenahi kelemahan sekaligus persiapan tim untuk piala AFF U-16 di Indonesia dan piala AFC U-16 di Malaysia, Timnas U-16 direncanakan akan kembali menggelar pemusatan latihan pada bulan April 2018.

Editor : Silli Melanovi