logo

Menpora Tinjau Persiapan Atlet Asian Para Games

Menpora Tinjau Persiapan Atlet Asian Para Games

Menpora meninjau persiapan atlet Asian Para Games di Kota Solo
13 Maret 2018 20:49 WIB

Penulis : Endang Kusumastuti

SuaraKarya.id - SOLO: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meninjau persiapan atlet yang akan bertarung di Asian Para Gamer 2018 di Stadion Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Selasa (13/3/2018). Pada kesempatan itu, Imam meminta kepada National Paralympic Committee (NPC) Indonesia untuk segera membelikan peralatan bagi para atlet Asian Para Games 2018.

"Karena waktunya hanya tinggal beberapa bulan lagi. Tapi saya ingin pembelian alat tidak mengikuti mekanisme formal di kementerian, tetapi memakai Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pengadaan Barang dan Jasa untuk persiapan Asian Games dan Asian Para Games 2018," jelasnya.

Dengan mekanisme tersebut akan bisa dikelola secara cepat oleh NPC. Apalagi anggaran yang disediakan pemerintah sebesar Rp130 miliar untuk pembelian alat, langsung masuk ke rekening NPC tidak melalui rekening kementerian.

"Semuanya dilimpahkan ke cabang olahraga dan NPC jadi NPC yang mengelola," jelasnya lagi.

Pihaknya menegaskan soal mekanisme anggaran pembelian peralatan seharusnya tidak menjadi persoalan. Hanya saja harus memenuhi syarat manajemen keuangan. Diantarnya harus ada perencanaan RAB sebelum anggaran dikirim ke NPC.

Selanjutnya harus ada laporan kebutuhan peralatan secara detail, selanjutnya baru dilakukan penandatanganan MoU.

"Tapi inilah fakta manajemen keuangan yang harus dipenuhi. Pengelolaan anggaran mulai tahun 2018 telah dirubah, dahulu anggaran t dikelola secara swakelola di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)," katanya.

Sementara itu, Presiden NPC Indonesia Senny Marbun mengatakan, saat ini pihaknya belum membeli peralatan karena anggaran belum turun.

"Kami menggunakan peralatan seadanya. Memang belum beli, karena dananya belum cair, yang penting ada kemauan untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Seperti yang kita lakukan di Malaysia kemarin," ujarnya.***

Editor : Gungde Ariwangsa SH