logo

BEI Semarang Pacu Pembukaan Galeri Investasi

 BEI Semarang Pacu Pembukaan Galeri Investasi

Foto Istimewa
13 Maret 2018 20:38 WIB

Penulis : Pudyo Saptono

SuaraKarya.id - SEMARANG: Bursa Efek Indonesia (BEI) Semarang, gencar mendorong perguruan tinggi di Jawa Tengah untuk bisa membuka galeri investasi.

Saat ini, galeri investasi yang sudah dibentuk mencapai 15 galeri yang tersebar di 15 kampus Semarang dan sekitarnya. Menurut Kepala BEI Semarang, Fanny Rifqi El Fuad, selain Semarang kota-kota di sekitarnya yang sudah berkembang terkait pasar modal adalah Kudus, Pekalongan, Tegal dan Salatiga.

"Seiring itu, BEI melakukan strategi pengembangan dengan menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi. Dalam waktu dekat akan ada dua perguruan tinggi yang membuka galeri investasi," ujarnya, Selasa (13/3/2018).

Dijelaskannya, mahasiswa menjadi agent of change yang kelak bakal bisa menularkan informasi ke orang-orang sekitar tentang pasar modal.

Selain itu, berbagai pihak juga sudah memasukkan materi pasar modal walupun belum masuk ke dalam mata kuliah. Bukan sekadar itu, BEI juga mengintensifkan penyelenggaraan Sekolah Pasar Modal (SPM) yang sejak Januari sampai Februari 2018 sudah tercatat 12 kali dilaksanakan.

"Penyelenggaraannya tidak hanya dilakukan di kantor BEI Semarang, namun juga sampai ke daerah-daerah," katanya.

Dengan gencarnya pembukaan galeri investasi dan SPM, terlihat adanya peningkatan jumlah investor pasar modal di Jawa Tengah dengan kenaikan 269 persen dari 2012 hingga 2017.***

Editor : Yon Parjiyono