logo

Empat Ton Barang Campuran Bantuan Bencana Alam Kepada Korban Bencana Di PNG

Empat Ton Barang Campuran Bantuan Bencana Alam Kepada Korban Bencana Di PNG

Direktur Papua Linguistik Institut (PLI), Samuel Tabuni
13 Maret 2018 19:15 WIB

Penulis : Yacob Nauly

SuaraKarya.id - JAYAPURA: Sebanyak empat ton barang campuran yang merupakan bantuan dari masyarakat Papua kini siap disalurkan kepada korban gempa di Papua Nugini (PNG).

Direktur Papua Linguistik Institute (PLI) Samuel Tabuni , Selasa (13/3/2018), di Jayapura mengatakan, bantuan yang disalurkan melalui PLI itu akan segera dikirim ke PNG untuk meringankan beban masyarakat di dua provinsi yang terkena bencan gempa.

Menurut dia, hingga kini PLI masih terus melakukan koordinasi dengan pemerintah PNG sehingga bantuan tersebut dapat segera dikirim dan disalurkan kepada masyarakat yang membutukan.

"Empat ton bantuan yang akan dikirim ke PNG itu terdiri atas pakaian layak pakai dan makanan yang disumbangkan masyarakat sejak akhir Februari lalu," katanya.

Lebih lanjut, Samuel Tabuni katakan dari informasi yang diterima, gempa berkekuatan 7,5 Skala Richter yang terjadi pada 26 dan 28 Februari 2018 itu telah menewaskan sekitar 75 orang yang bermukim di kawasan Hela Province dan Southern Highlands Province.

"Kami akan terus menerima dan menghimpun bantuan dari masyarakat dan segera mengirim ke PNG," kata Samuel Tabuni

Gempa yang berkekuatan 7,5 Skala Richter itu juga dirasakan disejumlah wilayah di Papua khususnya yang berbatasan dengan PNG seperti Kabupaten Merauke dan Kabupaten Boven Digoel.

Di Kabupaten Boven Digoel, sejumlah bangunan dan rumah warga rusak namun tidak ada korban jiwa. ***

Editor : Dwi Putro Agus Asianto