logo

Forum Zakat Dan PKPU HI Salurkan Bantuan Solar Panel

Forum Zakat Dan PKPU HI Salurkan Bantuan Solar Panel

Penyerahan bantuan untuk pengungsi Rohingya. (foto, ist)
13 Maret 2018 16:10 WIB

Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - COX'S BAZAR: Masih tingginya intensitas konflik antara Pemerintah Myanmar dan etnis Rohingnya, mendorong gelombang ribuan pengungsi baru melintasi perbatasan Myanmar – Bangladesh.

Data UNHCR menunjukkan, saat ini jumlah pengungsi Rohingya yang tersebar di perbatasan kedua negara telah mencapai angka 1 juta jiwa. Sebagian besar adalah anak-anak.

Mereka tinggal di tenda-tenda sementara dengan kondisi kebutuhan dasar yang jauh dari memadai. Mereka tinggal dalam tenda-tenda tanpa penerangan serta beralaskan tanah.

Merespon hal tersebut, Forum Zakat (FOZ) bersama PKPU Human Initiative (HI) bekerja sama menyalurkan bantuan Solar Panel, Tikar serta Kelambu untuk keluarga pengungsi baru Rohingya, yang melintasi perbatasan pada 10 hari pertama Februari 2018.

Keterangan resmi dari PKPU HI,  Senin (12/3/2018) menyatakan,  penerima bantuan ini diprioritaskan bagi para kelompok rentan yang terdiri dari wanita hamil, Ibu dengan balita, serta lansia. Bantuan berupa paket tikar dan kelambu untuk 380 keluarga serta Solar Panel untuk 100 keluarga pengungsi Rohingya.

Setiap keluarga Rohingya umumnya terdiri dari 5 hingga 8 anggota keluarga. Dengan bantuan ini, keluarga pengungsi dapat merasakan penerangan di malam hari. Mereka dapat tidur dengan alas yang lebih baik dari semen atau tanah yang merupakan lantai dari tenda sementara mereka saat ini.

Kondisi tempat tinggal mereka juga banyak dikelilingi oleh genangan air yang dapat memicu jentik nyamuk. Dengan bantuan kelambu diharapkan dapat menghindarkan mereka dari gangguan nyamuk di malam hari.

Editor : Dwi Putro Agus Asianto