logo

Dekat Masyarakat, Mensos Kendarai Sepeda Motor Kunjungi Rumah Warga Asmat

 Dekat Masyarakat,  Mensos Kendarai Sepeda Motor Kunjungi Rumah Warga Asmat

Mensos Idrus marham, mengendarai dendori sepeda motor (foto, ist)
23 Februari 2018 23:38 WIB

Penulis : Budi Seno P Santo

SuaraKarya.id - JAKARTA: "Tidak apa-apa saya sudah biasa naik motor seperti ini," ujar Mensos, saat berkunjung yang kedua kalinya ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua, Jumat (23/2/2018).

Pada kunjungannya yang kedua, Mensos yang termasuk dalam rombongan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, bersama Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Pendidikan Muhadjir Effendi, Kepala Staf Kerpresidenan Moeldoko, serta Bupati Asmat Elisa Kambu.

Rencananya para menteri akan menyerahkan bantuan dan meninjau sejumlah fasilitas umum untuk warga Asmat. Sekira jarak 20 langkah dari bibir dermaga, enam motor listrik sudah disiapkan untuk rombongan. Enam sepeda motor bertenaga listrikdan pengendaranya telah disiapkan

Pada momen itulah, Mensos berinisiatif mengambil sepeda motor, serta mengendarainya sendiri. "Sudah biar saja saya yang bawa motornya. Ayo Pak Dirjen Linjamsos (Perlindungan dan Jaminan Sosial) membonceng di belakang saya," tutur dia, yang pagi itu mengenakan kemeja putih dipadu celana panjang dan bertopi mera bertuliskan 'Tagana'.

Dirjen Linjamsos Harry Hikmat menuruti dan duduk di belakang sang menteri. Melihat hal tersebut warga dan anak-anak terheran-heran. Mereka kemudian spontan bertepuk tangan sambil memanggil-manggil sang menteri.

"Wah Bapak setir sendiri motornya. Padahal tidak mudah loh untuk yang belum biasa berkendara di jalanan Agats. Jalannya tidak terlalu lebar dan terbentang di atas rawa-rawa. Makanya saya kaget Bapak (Mensos, red) setir sendiri motornya," komentar Sugeng, pria asal Banyuwangi, Jawa Timur yang sudah belasan tahun menjadi warga Agats.

Bagi Mensos, momen kunjungan ini adalah kesempatan untuk dekat dengan masyarakat. Dia pun tak ingin keberadaannya berjarak dengan mereka. Dia menyempatkan berkunjung ke beberapa rumah dan toko kelontong milik warga untuk bersapa. "Halo mama apa kabar?

Jualan apa saja di toko ini. Ramai kah tokonya? Berapa harga beras per kilo? Telur berapa?, " sapanya kepada seorang ibu yang berdagang sembako. Mensos kemudian melanjutkan kunjungannya ke RSUD Agats, bertemu 300 mama dan anak-anak yang tengah belajar, melihat aktivitas PAUD percontohan, serta berdialog dan menyampaikan bantuan sosial untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH),

Pengukuhan 30 Personil Taruna Siaga Bencana (Tagana), peresmian Kampung Siaga Bencana (KSB), dan penyerahan bantuan program Komunitas Adat Terpencil (KAT). "Saya bahagia melihat mama mama tersenyum hari ini. Semoga bantuan yang disalurkan hari ini memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga Asmat.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kami akan memastikan semua bantuan program Kementerian Sosial terdistribusi secara merata untuk mereka yang berhak," harap Mensos. ***

Editor : Pudja Rukmana