logo

KPK Tingkatkan Status Bupati Subang Imas Aryumningsih Jadi Tersangka

KPK Tingkatkan Status Bupati Subang   Imas Aryumningsih Jadi Tersangka

14 Februari 2018 23:17 WIB

Penulis : Gungde Ariwangsa SH

SuaraKarya.id - JAKARTA: Setelah melakukan pemeriksaan 1 x 24 jam, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meningkatkan status Bupati Subang Imas Aryumningsih menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap terkait perizinan pendirian perusahaan. Hasil pemeriksaan menyimpulkan, adanya dugaan Tindak Pidana Korupsi menerima hadiah atau janji oleh Bupati Subang secara bersama-sama terkait perizinan di Pemkab Subang.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2018) mengemukakan, selain Imas, KPK juga menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka, yaitu Kabid Perizinan DPMPTSP Kabupaten Subang Asep Santika, dan dua orang dari pihak swasta, Miftahhudin dan Data. Mereka diduga menerima hadiah dari pengusaha mengenai pengurusan perizinan di lingkungan Pemkab Subang yang dilakukan oleh dua perusahaan, yaitu PT ASP dan PT PBM senilai total 1,4 miliar.

Pemberian uang hadiah dari pengusaha tersebut menurut Basaria diberikan melalui orang-orang dekat Bupati yang bertindak sebagai pengumpul dana. "Diduga komitmen fee awal antara pemberi dengan perantara adalah Rp4,5 miliar, sedangkan dugaan komitmen fee antara Bupati ke Perantara adalah Rp1,5 miliar," katanya.

Basaria mengatakan sebagian uang yang diterima diduga juga dimanfaatkan untuk kepentingan kampanye Bupati Imas yang mencalonkan diri lagi pada pemilihan bupati Subang tahun 2018. Selain uang, Imas juga menerima fasilitas terkait pencalonannya tersebut antara lain berupa pemasangan baliho dan sewa kendaraan berupa mobil Toyota Alphard untuk kebutuhan kampanye. ***