logo

Tak Selenggarakan Pilkada, Depok Ketempatan Kampanye Terbuka Pilgub Jawa Barat

Tak Selenggarakan Pilkada, Depok Ketempatan Kampanye Terbuka Pilgub Jawa Barat

14 Februari 2018 22:47 WIB

Penulis : Windrarto

SuaraKarya.id - DEPOK: Kampanye terbuka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat hanya akan dilaksanakan di kabupaten atau kota yang tidak menyelenggarakan Pemilihan Bupati atau Pemilihan Wali Kota. Kota Depok, yang tidak menyelenggarakan Pilkada, bakal ketempatan kampanye terbuka.

Hasbullah Rahmad, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, mengatakan, kampanye terbuka hanya di wilayah yang tidak menyelenggarakan Pilkada merupakan hasil kesepakatan antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat dan pimpinan partai politik di tingkat provinsi.

Bertitik tolak dari hasil kesepakatan itu, tuturnya, maka kampanye terbuka pasangan calon Gubernur/ Wakil Gubernur Jawa Barat tidak akan dilaksanakan di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, atau Kota Bekasi. Sebab, di wilayah tersebut juga menyelenggarakan Pilkada.

" Kota Depok dan Kabupaten Bekasi dipastikan akan menjadi tempat untuk kampanye terbuka," ucapnya kepada wartawan di Kota Depok, Jawa Barat, pekan lalu.

Salah satu dari empat pasangan calon sudah menjadwalkan kampanye terbuka di Kota Depok. Kampanye diagendakan dari pagi hingga menjelang sore. Materinya, mereka menerima tokoh dan elemen masyarakat di Kota Depok.

Jadwal kampanye pun telah ditetapkan KPU, yakni kampanye pertemuan-pertemuan dan penyebaran bahan kampanye dari tanggal 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Debat publik terbuka dari tanggal 15 Februari hingga 23 Juni 2018. Kampanye melalui media massa dari tanggal 10 hingga 23 Juni 2018. Masa tenang dan pembersihan alat peraga pada tanggal 24 hingga 26 Juni 2018.

Sebanyak empat pasang calon menjadi peserta Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat, yakni  Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Alum, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Tubagus Hasanudin-Anton Charliyan Amanah.***

Editor : B Sadono Priyo