logo

Sekretaris Fraksi Golkar Minta Komisi X DPR Kawal Anggaran Asian Games

Sekretaris Fraksi Golkar Minta Komisi X DPR Kawal Anggaran Asian Games

Agus Gumiwang Kartasasmita.(foto: Ist).
14 Februari 2018 07:07 WIB

Penulis : Markon Piliang

SuaraKarya.id - JAKARTA – Perhelatan Asian Games sebagai pesta olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade mulai berdenyut. Geliatnya sampai ke DPR RI, karena dari sana sumber dana penyelenggaraan berawal.

Mengingat besarnya anggaran yang digelontorkan untuk pesta olahraga negara-negara Asia ini hingga puluhan tripiun rupiah, maka penggunaannya perlu dikawal agar tidak terjadi penyimpangan yang bisa mengakibatkan kerugian negara.  Intinya setiap rupiah yang digunakan untuk ajang ini harus dapat dipertanggungjawabkan.

Oleh sebab itu, Sekretaris Partai Golkar DPR RI Agus Gumiwang Kartasasmita meminta Komisi X DPR yang membidangi olahraga mengawal betul penggunaan uang negara. Khususnya saya sampaikan kepada anggota dari Partai Golkar tentunya,” kata Agus Gumiwang kepada SuakaKarya.id ketika ditemui di Jakarta, Selasa (13/2/2018) malam.

Ia mengatakan, Asian Games XVIII/2018 Jakarta – Palembang yang akan berlangsung 18 Agustus – 2 Setember nanti adalah sebuah event besar yang mempertaruhkan nama bangsa. Karenanya suksesnya penyelenggaraan harus diiringi pula dengan sukses administrasi dengan laporan keuangan yang tertib dan benar.

Ditegaskan, Asian Games tidak boleh gagal dari segi penyelenggaraan karena akan berdampak buruk terhadap kepercayaan dunia terhadap Indonesia. Bila penyelenggaraan tidak berjalan dengan baik, maka kepercayaan dunia terhadap Indonesia untuk menjadi tuan rumah sebuah event olahraga akan hilang.

“Nah, dalam hal ini negara secara bijak harus membantu mempersiapkan event ini termasuk masalah anggaran. Jadi yang kita pertaruhkan di sini bukan hanya prestasi, tetapi juga nama baik bangsa. Kalau penyelenggaraan sukses otomatis kepercayaan dunia terhadap Indonesia akan bertambah,” lanjut Agus Gumiwang.

Pengelolaan anggaran yang sudah dialokasikan negara, kata Agus, harus dilakukan sebaik-baiknya dan seefisien mungkin. Jangan sampai ada kesan dengan anggaran yang besar lantas panitia berfoya-foya menggunakan anggaran.

Ia mengingatkan kesadaran itu harus dimiliki oleh setiap individu yang terlibat dalam penyelenggaraan Asian Games. Inilah yang harus dicermati juga oleh Komisi X DPR.

“Setiap rupiah yang dikumpulkan dari pembayar pajak di negeri ini harus dipertanggungjawabkan oleh pengguna anggaran Asian Games. Jangan ada yang bermain-main, karena yang dipertaruhkan adalah nama baik bangsa dan negara,” ucapnya. ***