logo

Pengundian Nomor Pilkada Sumut: Edy-Musa Nomor 1, Djarot-Sihar Nomor 2

Pengundian Nomor Pilkada Sumut: Edy-Musa Nomor 1, Djarot-Sihar Nomor 2

Pengundian nomor pasangan calon di Pilkada Sumut. (Ist)
13 Februari 2018 20:43 WIB

Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA: Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck) memperoleh nomor urut 1, sedangkan pasangan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus mendapatkan nomor urut 2.Inilah hasil pengundian pada rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) di Hotel Grand Mercure Medan, Selasa (13/2/2018) sore. Pengundian dilakukan dengan cara dua kali pencabutan nomor.

Awalnya dua calon wakil gubernur bersamaan mencabut nomor untuk menentukan urutan pencabutan nomor. Musa Rajekshah mendapatkan nomor 1, sedangkan Sihar Sitorus mendapatkan nomor 2. Dari urutan itu, Edy Rahmayadi pun mendapat giliran pertama mengambil satu dari dua gulungan yang disediakan dalam kotak kaca. Djarot mengambil satu gulungan yang tersisa.

Hasil dari pencabutan nomor itu, Edy-Ijeck mendapat nomor 1. Sementara Djarot-Sihar mendapat nomor 2. Nomor yang didapat disambut gegap-gempita para pendukung masing-masing pasangan. Mereka terus berteriak sembari mengangkat nomor pasangan yang mereka dukung.

Pasangan nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) didukung koalisi 6 partai politik (parpol), yaitu Gerindra, PKS, PAN, Golkar, NasDem, dan Hanura, yang menguasai 60 kursi di DPRD Sumut.

Sedangkan pasangan nomor urut 2, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) diusung PDIP dan PPP yang menguasai 20 kursi di DPRD Sumut.

Pertarungan antara kedua pasangan calon ini diprediksi bakal menarik. Selain dua poros berlawanan yang mengusung, sosok kedua cagub juga cukup ternama.

Edy Rahmayadi merupakan mantan Pangkostrad dan wakilnya, Musa Rajekshah dikenal sebagai pengusaha muda di Kota Medan. Sementara Djarot merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta dan Sihar juga merupakan pengusaha muda.

Dalam pengundian nomor pasangan tersebut, pasangan calon Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Ijeck) datang lebih dulu diiringi massa pendukung yang membawa reog dan musik Jawa yang menarik masyarakat sekitar. Mobil hitam yang membawa pasangan calon dengan sebutan ERAMAS itu berhenti di lobi hotel. Tampaklah Edy dan Ijeck mengenakan baju putih juga peci hitam turun dari kendaraan.

Beberapa menit kemudian, pasangan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus tampak memasuki kawasan hotel dengan mobil diiringi massa pendukung yang mengendarai motor sambil membawa bendera bergambarkan wajah Djarot dan Sihar. Sesaat sebelum mobil memasuki gerbang, Sihar tampak melambaikan tangan melalui jendela mobil. Kemudian, pasangan yang diusung oleh PDIP dan PPP ini masuk melalui pintu depan dan terlihat mengenakan kemeja putih dengan syal motif ulos khas Sumatera Utara. ***