logo

Thailand Siapkan Agenda dan Tempat Seru Sambut Imlek

Thailand Siapkan Agenda dan Tempat Seru Sambut Imlek

Thailand bersiap sambut wisatawan China merayakan imlek. (ist)
13 February 2018 14:32 WIB
Penulis : Laksito Adi Darmono

SuaraKarya.id -JAKARTA: Tourism Authority of Thailand (TAT), bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China, juga dengan Kedutaan Besar China di Thailand, menyelenggarakan rangkaian perayaan Imlek.

Gubernur TAT, Yuthasak Supasorn, melalui rilis, Senin (12/2/2018), menyebutlkan, penduduk lokal dan wisatawan internasional diundang untuk bergabung, mengikuti 13 perayaan utama Imlek di Bangkok,  dengan acara kuliner, dan lenampilan budaya yang spektakuler.

"Dengan jutaan warga Thailand keturunan Tionghoa, tahun baru Imlek selalu jadi waktu yang tepat untuk merayakannya bersama keluarga," tuturnya.

Tahun ini perayaan Tahun Baru Imlek akan berlangsung 13-23 Februari 2018, dengan rangkaian kegiatan menarik bagi penduduk lokal dan pengunjung untuk dinikmati.

Ia mengatakan upacara pembukaan perayaan Tahun Baru Imlek secara resmi akan diselenggarakan di Yaowarat, rumah bersejarah bagi komunitas China di Bangkok, pada tanggal 16 Februari. Pembukaan tersebut dipimpin oleh Putri Mahkota Chakri Sirindhorn.

Dalam pembukaan tersebut akan ditampilkan puluhan pertunjukan akulturasi budaya Thailand-China oleh 135 pemain. Mereka berasal dari 9 provinsi di China, antara lain Fujian, Hainan, Mongolia, Shandong, Heilongjiang, Zhejiang, Hunan, Shanxi, dan Hubei.

Selain budaya, wisatawan juga bisa menikmati suguhan makanan khas Imlek di sana. Hidangan tersebut akan langsung dimasak oleh sejumlah chef internasional dari Federasi Industri Katering China Dunia.

"Ia akan menciptakan masakan China Selatan yang menyatu dengan rasa yang akrab dengan selera Thailand," katanya.

Selain di Yaowarat, perayaan Tahun Baru Imlek yang didukung oleh TAT akan diadakan di Chinatown Photharam, Ratchaburi, pada tanggal 5-14 Februari; Pak Nam Pho Nakhon Sawan, pada 9-20 Februari; Phetchaburi, pada 15-17 Februari; Chiang Mai Chinatown pada 16-17 Februari; Yaowarat Chinatown pada 16-17 Februari.

Juga di Suphan Buri, Trang, Nakhon Ratchasima, Udon Thani, Songkhla (Hat Yai), Chon Buri (Pattaya), serta Phuket. ***