logo

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Merkle, Pesta Dongeng Terbesar Abad Ini

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Merkle, Pesta Dongeng Terbesar Abad Ini

Pangeran Harry dan Meghan Merkle (Reuters)
13 Februari 2018 09:33 WIB

Penulis : Pudja Rukmana

SuaraKarya.id - JAKARTA (Suara Karya): Pangeran Harry dan Meghan Markle akan melangsungkan pernikahan secara resmi di St. George's Chapel, Windsor Castle, Inggris, 19 Mei mendatang. Berdasarkan informasi dari akun Instagram @kensingtonroyal, Senin (12/2/2018), keduanya menikah pukul 12.00 waktu Inggris, dilanjutkan dengan gelar parade kereta kuda di sekitar Windshor Town pukul 13.00 waktu setempat dan resepsi di St George Hall pada malam harinya.

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle akan dinanti masyarakat dunia karena boleh jadi akan menjadi pesta dongeng terbesar awal abad 20 yang menawan. Apalagi, Ratu Inggris Elizabeth II telah mengizinkan pasangan ini untuk menggunakan Kapel St George sebagai lokasi pernikahan mereka, selang tujuh tahun sejak Kerajaan Inggris menggelar pesta besar pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton.

Kapel St George memang memiliki prestise tersendiri sebagai simbol kemegahan dan kekhusyukan untuk suatu pernikahan keluarga kerajaan Inggris. Tata cara dan tradisi khas kerajaan Inggris di dalam bangunan gereja bergaya Victoria sudah barang tentu akan mewarnai pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Merkle yang sangat elegan.  

Berdasarkan pengumuman dari Istana Kensington, pesta itu akan dimulai pada pukul 12 siang waktu Inggris di Kapel St. George di Windsor Castle. Upacara pernikahan akan dipimpin oleh David Conner, pendeta yang juga pemimpin di Windsor Castle. Sementara pendeta senior Justin Welby memimpin saat mereka mengucap sumpah pernikahan.

Setelah pernikahan itu disahkan di gereja, pasangan akan berparade dengan kereta kuda. Menurut

Seperti dikutip dari Ace Showbiz, Harry dan Markle akan naik kereta kuda meninggalkan Windsor Castle melalui Castle Hill menuju High Street, Sheet Street, Kings Road, dan Albert Road, sebelum akhirnya kembali ke istana dengan berjalan kaki yang cukup jauh. "Mereka berharap perjalanan singkat itu akan memberi kesempatan bagi lebih banyak orang untuk berkumpul bersama di sekitar Windsor dan menikmati atmosfer di hari yang istimewa itu," tulis pernyataan resmi Istana Kensington.

Sore harinya, Harry dan Markle dijadwalkan menggelar resepsi di Hall St. George. Pesta itu dipimpin langsung oleh Pangeran Charles, ayah Harry, sama seperti ia menggelar pesta untuk William. Di sinilah, kerabat, sahabat dan keluarga yang diundang berkumpul.

Meski perayaan prosesi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Merkle sudah berlangsung sehari penuh, pesta itu belum selesai. Masih ada pesta resepsi privat yang digelar pada malam harinya.

Menurut sumber Ace Showbiz pula, pesta itu akan dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah makan malam informal untuk sekitar 350 tamu undangan. Yang kedua, tamunya lebih banyak, sekitar 550 hingga 660 orang. Dikabarkan pesta yang digelar lebih malam itu bakal dipenuhi alkohol, bahkan ada bar whisky gratis.

Beberapa tamu undangan sudah terungkap, seperti musisi Elton John yang sampai membatalkan konsernya di Las Vegas demi menghadiri Royal Wedding. Kabarnya, mantan Presiden AS Barack Obama dan istrinya Michelle Obama juga akan hadir sebagai teman dekat Harry. Belum dipastikan apakah Presiden AS Donald Trump termasuk dalam daftar tamu undangan. ***

Editor : Pudja Rukmana