logo

Kemenko PMK Dorong Pemuda Berkontribusi Membangun Desa

Kemenko PMK Dorong Pemuda Berkontribusi Membangun Desa

Plt Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida. (Dok. Kemenko PMK)
Melalui Program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) diharapkan para pemuda dapat saling berbagi dengan masyarakat dan memajukan desa-desa di Indonesia.
24 October 2017 11:00 WIB

JAKARTA (Suara Karya): Pemuda didorong untuk dapat memberikan kontribusinya terhadap pembangunan desa-desa yang ada di Indonesia.

Melalui Program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) diharapkan para pemuda dapat saling berbagi dengan masyarakat dan memajukan desa-desa yang ada di Indonesia.

"Program pemuda mandiri membangun desa akan bisa menjadi penggerak dan pelopor bagi berjalannya roda kehidupan masyarakat di lingkungannya, baik dari segi giat olahraga, sosial, maupun kebudayaan," ujar Plt Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida, Senin (23/10), di Jakarta.

Program yang dijalankan langsung oleh Kementerian Pemuda dan Olahrga (Kemenpora) memiliki peranan yang penting khususnya dalam memperbaiki karakter bangsa khususnya dalam upaya implementasi Gerakan Revolusi Mental.

"Saya kira sudah saatnya pemuda menjadi pelopor di berbagai bidang dan di setiap wilayah. Program pemuda mandiri membangun desa sangat bagus dan diharapkan mampu bersinergi dengan pendamping desa, perangkat desa dan melekat dengan masyarakat desa sehingga mampu membawa kemajuan desa sebagaimana diamanatkan dalam UU no. 6 tahun 2014 tentang Desa," jelas Nyoman.

Melalui PMMD ini, Pemerintah mengajak 1.500 pemuda/pemudi terbaik dari 10 provinsi yaitu Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur, untuk dapat mewujudkan pemuda Indonesia yang mandiri dan berdaya saing serta mampu berpartisipasi mendorong percepatan pembangunan di perdesaan.

Selain itu, PMMD juga memiliki misi yang besar untuk membangun kemandirian pemuda melalui hasil karya dan produksi yang dapat memajukan kemampuan desa.

"Sangat rugi sekali jika PMMD tidak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, khususnya pemuda,” pungkas Nyoman. ***

Laksito Adi Darmono
Wartawan Suara Karya. Email: dlaksitoadi@yahoo.com.
Editor :