logo

Ratusan Awak Mobil Tangki Pertamina Banyuwangi Mogok Kerja

Ratusan Awak Mobil Tangki Pertamina Banyuwangi Mogok Kerja

Foto Ilustrasi (Antara)
Aksi mogok kerja itu diakibatkan pihak Pertamina melakukan PHK massal terhadap awak mobil tangki di beberapa depo menjelang Lebaran," kata Humas Awak Mobil Tangki Aldo.
19 June 2017 20:48 WIB

BANYUWANGI (Suara Karya): - Ratusan awak mobil tangki Pertamina yang tergabung dalam Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI) melakukan mogok kerja dengan menggelar aksi unjuk rasa di depan Depo Pertamina Tanjungwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (19/6).

Sejak pagi para sopir mobil tangki tersebut berkumpul dan berorasi secara bergantian menyuarakan tuntutan mereka terkait dengan penghapusan sistem kontrak kerja yang dinilai merugikan para sopir truk tangki bahan bakar minyak (BBM).

"Aksi mogok kerja itu diakibatkan pihak Pertamina melakukan PHK massal terhadap awak mobil tangki di beberapa depo menjelang Lebaran," kata Humas Awak Mobil Tangki Aldo dalam siaran pers yang diterima Antara di Banyuwangi, Senin.

Selain itu, lanjut dia, Pertamina yang merupakan perusahaan milik negara dinilai tidak patuh hukum terhadap peraturan yang berlaku karena Pertamina tidak memberikan hak-hak normatif yang sudah ada dalam UU Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan maupun perangkat yang lainnya.

"Para sopir mobil tangki tidak mendapatkan upah lembur sampai uang pesangon sesuai peraturan yang ada, sehingga ribuan sopir tangki yang tergabung Federasi Buruh Transportasi Pelabuhan Indonesia (FBTPI) melakukan mogok kerja secara serentak di Jawa-Sumatera-Sulawesi," katanya.

Ia mengatakan upaya untuk perundingan beberapa kali sudah menemui jalan buntu dan pihak Pertamina enggan memenuhi tuntutan awak mobil tangki, sehingga sopir mobil tangki Depo Banyuwangi yang melayani SPBU untuk Kabupaten Banyuwangi, Jember, Bondowoso dan Situbondo tetap melakukan aksi mogok kerja, sehingga tidak mengirim BBM ke SPBU.

Rencana mogok kerja ribuan awak mobil tangki Pertamina tersebut dilakukan selama sepekan yakni mulai Senin (19/6) hingga Senin (26/6) hingga tuntutan mereka dipenuhi oleh pihak Pertamina.

Sementara pihak Pertamina Depo Banyuwangi belum berhasil dikonfirmasi terkait dengan aksi mogok tersebut yang dapat berdampak distribusi BBM ke sejumlah kabupaten yang disuplai dari Depo Tanjungwangi. ***

Dwi Putro Agus Asianto -
Karir di Harian Umum Suara Karya sejak 1992. Lulus Uji Kompetensi Wartawan sesuai dengan Peraturan Dewan Pers. Email:[email protected]
Editor : Dwi Putro Agus Asianto -
header-ad